Sukses

Ini Dia Alternatif Makan Siang yang Bikin Kamu Lebih Produktif

Rasa kenyang lalu lemas dan mengantuk setelah makan siang bisa dicegah atau diminimalkan bila kamu memilih menu yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Mengantuk setelah makan adalah kondisi normal yang bisa terjadi pada setiap orang. Namun, hal itu dapat mengganggu aktivitas terutama apabila kamu sedang bekerja. Pekerjaan tentunya bisa terbengkalai akibat rasa ngantuk yang menyerang. 

Untuk menghindarinya, cobalah pilih menu makan siang yang bisa membantu kamu lebih produktif setelah makan siang. Menu makan siang yang menyehatkan biasanya tetap bisa membuat kamu terisi tanpa bikin kamu terlalu mengantuk. Dengan demikian kamu pun bisa tetap produktif.

1. Roti gandum isi selai kacang dan irisan pisang

Perut kamu bisa tetap kenyang meskipun hanya makan adalah roti isi. Hal ini karena roti gandum dan kacang kaya akan lemak sehat dan merupakan sumber protein yang baik. Bagi kamu yang sedang mengurangi asupan daging tetapi tak mau kehilangan protein, maka makan dengan selai kacang adalah solusi terbaik.

2. Pizza sayuran

Tidak hanya membuat kamu kenyang tanpa menyebabkan rasa kantuk, Pizza dengan topping sayuran mengandung banyak manfaat. Mulai dari vitamin C dan A, serta kandungan serat yang bisa membantu melancarkan saluran pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, saus yang melapisi dasar piza terbuat dari tomat segar yang memiliki kandungan likopen, yakni senyawa antioksidan yang dapat mencegah kanker. Akan lebih baik bila yang Anda pesan adalah piza Italia, bukan piza Amerika karena lebih tebal dan kalorinya lebih besar ketimbang piza Italia.

3. Ayam panggang tanpa kulit dan lemak

Pilihlah bagian dada yang kadar lemaknya paling sedikit dan tanpa kulit. Dibanding daging merah, dada ayam kandungan lemaknya lebih sedikit. Daging ayam panggang juga dapat dikonsumsi dengan karbohidrat berupa kentang panggang dan juga tumis sayuran. Meski kandungan lemaknya sedikit, tetapi daging ayam tetap mengandung zat besi, seng, dan kalium yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah.

 

4. Sup ayam dan sayuran

 

Ada beberapa zat pada sup ayam yang dapat memengaruhi sel-sel di dalam tubuh yang berpotensi menimbulkan efek obat. Aroma dari rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatan sup ayam dapat membantu membersihkan sinus, sekaligus meredakan gejala infeksi pada orang-orang yang mengalami gangguan pernapasan.

Daging ayam pada semangkuk sup ayam hangat mengandung vitamin B6 yang baik untuk pembentukan sel darah merah dan reaksi kimia dalam tubuh. Kaldu ayamnya pun kaya akan gelatin dan kolagen yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Jadi, akan sangat baik bila kamu mengonsumsi sup ayam ini di kantor, saat tiba-tiba kamu sedang tak enak badan, misalnya flu.

Itulah empat menu makan siang sehat yang bisa membuat kamu lebih produktif dan tidak lemas. Untuk inspirasi menu makan siang lainnya, kamu bisa intip resep-resep makanan di masak apa hari ini, resepnya mudah diikuti dan lezat untuk dinikmati.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini