Sukses

6 Cara Membersihkan Sepatu Kanvas, Siapkan Sabun Khusus

Liputan6.com, Jakarta - Sepatu berbahan kanvas kini hadir dalam berbagai ragam model hingga gaya modis dalam setiap warna. Sepatu kanvas sangat cocok dikenakan dengan ragam outfit di segala kesempatan.

Namun, sepatu kanvas cukup sulit untuk dibersihkan. Sering kali, membersihkan sepatu berbahan kanvas sulit menghilangkan noda yang membandel. Kesalahan dalam mencuci dapat menyebabkan warna menjadi pudar.

Tak cukup dengan air dan sabun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan sepatu kanvas Anda. Simak rangkuman selengkapnya, seperti dilansir dari Thespruce Rabu, 3 Maret 2021, berikut ini.

1. Lepas tali sepatu

Pertama yang Anda harus lakukan adalah melepaskan tali sepatu. Jika sepatu memiliki tali, sebaiknya lepaskan dan cuci secara terpisah untuk membersihkannya. Melepas tali sepatu juga untuk mempermudah membersihkan sepatu kanvas Anda.

2. Menyiapkan sabun khusus

Setelah melepaskan tali sepatu, langkah selanjutnya menyiapkan sabun untuk membersihkan sepatu berbahan kanvas. Sabun yang diperlukan adalah sabun khusus sepatu berbahan kanvas. Jangan lupa untuk campurkan dua liter air hangat agar sepatu mudah dibersihkan.

3. Gosok sepatu dengan spons

Jika sudah menyiapkan sabun, lalu mulailah membersihkan sepatu kanvas Anda. Caranya celupkan spons ke dalam air sabun, lalu, gunakan untuk menggosok bagian luar dan dalam sepatu secara perlahan dan bertahap.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Menghilangkan Noda

Jika sepatu kanvas Anda memiliki noda atau sangat kotor, tambahkan sabun khusus sepatu satu sendok teh untuk membersihkan noda yang membandel, lalu usapkan dengan sikat berbulu lembut pada bagian noda. Biarkan sabun bekerja setidaknya selama 15 menit untuk mengurangi noda pada sepatu kanvas.

5. Bersihkan tali sepatu

Cuci tali sepatu cukup menggunakan sabun deterjen. Tali sepatu bisa dibersihkan dengan menyikat secara perlahan pada tali sepatu. Sikat tali sepatu dengan benar jangan sampai rusak pada bagian ujung tali.

6. Bilas dan keringkan

Setelah membersihkan noda pada sepatu kanvas, jangan lupa bilas sepatu dengan menyekanya menggunakan kain yang dibasahi air bersih. Bilas hingga sepatu kanvas hilang dari sisa-sisa sabun pada sepatu. Setelah dibilas jangan lupa untuk keringkan sepatu dan tali di bawah sinar matahari. (Muhammad Thoifur)

 
3 dari 3 halaman

8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.