Sukses

Terlihat Sempit, Ini Trik Membuat Rumah Terlihat Lebih Luas

Liputan6.com, Jakarta Home sweet home adalah pengambaran rumah adalah segalanya.Tempat berlindung, tempat menemukan suka maupun duka. Walaupun sempit, rumah selalu menyimpan kenangan yang tidak bisa diganti dengan apapun.

Bicara sempit, berikut agar rumah terlihat luas dengan cara menatanya dengan benar.

Cermat pilih furnitur

Memilih furnitur yang praktis dan multifungsi menjadi salah satu cara agar ruangan terlihat luas. Kamu harus membuat rumah lapang dan tidak dipenuhi oleh berbagai barang-barang, terutama yang berukuran besar.

Pilihlah perabot rumah yang ringan dan memiliki desain praktis. Contohnya perabotan transparan dan memiliki kaki yang tipis. Selain itu, gunakan furnitur multifungsi yang bisa dipakai untuk beberapa kebutuhan sekaligus, misalnya ranjang yang memiliki ruang penyimpanan di bawahnya, meja yang bisa dilipat dan menjadi kursi saat tidak digunakan, dan lainnya.

Pemilihan warna yang pas

Selain furnitur, untuk mendapatkan kesan luas pada ruangan, kamu bisa memilih warna yang tepat serta kesesuaian antara warna cat dinding dengan warna furniture. Pilihlah warna cat yang ringan dan netral seperti putih, kuning gading, krim yang bisa dicocokkan dengan semua warna. Dengan begitu, kamu bisa lebih bebas dalam memilih warna furnitur.

Gunakan karpet

Cara menata ruangan sempit agar terlihat luas berikutnya adalah menggunakan karpet dengan motif pola yang sesuai. Penggunaan karpet pada area lantai juga patut menjadi perhatian. Jangan sembarang memilih motif karpet, sebab motif yang salah bisa saja membuat rumah terkesan menjadi penuh dan tampak sempit.

Sebisa mungkin pilih karpet dengan motif pola kecil dan berulang, sebab motif yang seperti ini akan membuat ruangan terasa lebih luas dan lega. Karpet ini bisa digunakan pada beberapa area rumah atau bahkan di bawah furnitur yang kamu gunakan.

Manfaatkan area dinding

Cara menata ruangan sempit agar terlihat luas selanjutnya adalah dengan memanfaatkan area dinding. Memiliki beragam furnitur akan menjadi tantangan tersendiri di rumah sempit. Sebab kamu perlu menata segala sesuatunya dengan baik. Untuk urusan yang satu ini, tidak ada salahnya memanfaatkan area dinding rumah.

Kamu bisa menggantung televisi dan juga beragam perabotan elektronik pendukung lainnya di dinding saja, daripada harus menggunakan area rumah yang sempit dengan menaruhnya di meja khusus.

Penambahan cermin

Penambahan cermin berukuran besar akan memberi efek lebih luas pada ruangan rumah kamu yang sempit. Dengan adanya pantulan dari cermin, ruangan akan terlihat seolah-olah dua kali lebih besar dari yang sebenarnya. Kamu bisa menambahkan cermin di seluruh ruangan rumah, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga hingga ruang tidur.

 

(*)