Sukses

Agar Lebih Siap Hadapi Banjir, Simak Sejumlah Tips Berikut Ini

Liputan6.com, Jakarta Di musim hujan, bencana banjir kerap datang melanda sejumlah daerah di Indonesia. Tahun 2021 bisa terbilang cukup parah karena daerah yang sebelumnya tidak pernah banjir, malah mengalami genangan air yang tinggi dan merendam sejumlah fasilitas umum serta perumahan. 

Hal tersebut tentu saja mengejutkan banyak orang dan penghuni di sekitarnya. Dibandingkan orang-orang yang tinggal di daerah rawan banjir, mereka yang baru mengalami bencana banjir dahsyat tahun ini tentu tidak siap dengan segala situasi. Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki kepekaan dengan melihat lingkungan sekitar. Selain faktor cuaca, perubahan lingkungan bisa menjadi penyebab sebuah daerah dapat mengalami bencana banjir.

Agar lebih siap hadapi banjir, simak sejumlah tips berikut ini mulai dari persiapan sebelum banjir, reaksi saat banjir dan langkah sesudah banjir.

Sebelum Banjir

- Lihat lingkungan sekitar. Jika tinggal di sekitar bantaran sungai, cek kualitas tanggul, adakah tanda-tanda akan retak dan roboh. Cek juga apakah ada proyek pembangunan yang berdampak pada lingkungan sekitarnya.

- Bersihkan saluran air dari sampah-sampai plastik maupun lumpur yang bisa menjadi penyebab banjir. Lebih tertib buang sampah agar tidak mengotori saluran air. 

 

2 dari 4 halaman

Selanjutnya...

- Evakuasi barang-barang berharga ke tempat yang lebih aman. Mulai dari surat-surat rumah, perhiasan, hingga barang elektronik.

- Persiapkan kebutuhan darurat, mulai dari air minum, makanan kering, obat-obatan, baju, dokumen penting dan lain-lain.

- Asuransikan kendaraan bermotor untuk melindungi 

- Terus pantau perkembangan berita dari media massa elektronik dan sosial terpercaya. Jangan termakan hoaks, cek faktanya sebelum menyebarluaskan.

 

3 dari 4 halaman

Saat Banjir

- Matikan aliran listrik dan gas untuk menghindari peristiwa yang tidak diinginkan.

- Awasi anak-anak agar tidak mandi di air banjir. Jauhi sungai dan tiang listrik.

- Evakuasi ke tempat yang lebih aman dan jauh dari lokasi banjir. Bawa barang dan bekal secukupnya, jangan sampai memberatkan diri dan orang lain.

- Selalu pakai masker saat keluar untuk evakuasi. Jaga kesehatan agar tidak mudah masuk angin dan menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi obat herbal yang berguna untuk meredakan masuk angin, perut mual, tenggorokan kering dan badan terasa dingin.

 

4 dari 4 halaman

Setelah Banjir

- Pastikan banjir sudah surut total di rumah dan lingkunganmu.

- Pastikan tidak ada genangan air saat menyalakan listrik atau gas.

- Selalu pakai alas kaki dan sarung tangan saat bersih-bersih.

- Gunakan disinfektan saat membersihkan rumah.

Tetap waspada dan saling menjaga agar kamu dan keluarga selalu sehat.

Stay Safe and Stay Health.

 

(*)