Sukses

Kenali 3 Penyebab AC Tidak Dingin

Liputan6.com, Jakarta AC merupakan kebutuhan rumah untuk mendapatkan udara yang sejuk di ruangan dan mencegah kelembapan. Namun, jika tidak dirawat, AC bisa rusak dan menyebabkan AC tidak dingin lagi. Nah, berikut beberapa penyebab AC sudah tak dingin lagi.

Filter udara kotor

Beberapa orang cenderung memiliki AC tapi tidak diservice berkala. Hal itu membuat beberapa komponen AC kotor, seperti pada filter.

Filter AC yang kotor atau tersumbat debu dan kotoran dapat menimbulkan berbagai masalah. Filter udara kotor dapat mengganggu kerja termostat. Kotoran di filter AC menghalangi jalannya udara dingin dan hangat di dalam saluran. Itu juga bisa membuat koil evaporator membeku, sehingga menghalangi jalannya udara dingin dari outlet.

Kipas dan kompresor AC rusak

Selain mengakibatkan komponen AC kotor, bisa juga ada yang rusak, kipas AC misalnya. Mesin kipas rusak atau rusak, unit luar-ruang tidak akan dapat menghilangkan panas, sehingga mengganggu kemampuan pendinginan unit AC.

Selain itu, bisa juga pada komponen kompresor terjadi kerusakan. Komponen ini merupakan hal penting dari unit pendingin udara, karena ia mengatur aliran refrigeran antara evaporator dan kondensor. Oleh karena itu, kompresor yang rusak tidak dapat mendinginkan udara dengan cukup baik.

Unit luar AC kotor

Penyebab lain AC tidak dingin adalah unit luar AC sudah kotor. Kondensor atau unit luar AC berfungsi mengembunkan udara panas menjadi udara dingin. Sementara itu unit dalam atau evaporator menyerap panas dari udara di ruangan dan mentransfernya ke unit AC luar.

Kondensor yang tersumbat bisa menghambat pendinginan sistem AC. Puing dan kotoran akan menghalangi perpindahan panas secara merata. Unit luar ruangan membutuhkan lebih banyak perawatan karena mendapat semua paparan sinar matahari, hujan, dan debu. Bersihkan kondensor dan beri ruang yang cukup untuk bernapas, dengan menghilangkan lumut, kerak, atau gulma dan kotoran di sekitarnya.

Untuk mengatasinya, kamu memerlukan jasa professional yang mengerti tentang AC. Saat ini, kamu bisa menggunakan jasa layanan service AC melalui aplikasi. Dengan kemudahan yang diberikan, kamu juga bisa mengetahui kisaran harga untuk jasa pelayanan tersebut.

Lebih mudahkan!

 

(*)