Sukses

Agar Finansial Aman dan Sejahtera, Ini 4 Cara Jitu untuk Mengontrol Uang

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentu ingin kehidupannya mapan dan sejahtera. Salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah dengan mengontrol uang. Karena tanpa strategi yang baik, uang akan cepat habis dan bisa menyulitkan kita.

Mereka yang bijak dalam menggunakan uangnya, tentu kehidupannya akan lebih tenang dan aman. Dibandingkan mereka yang boros dan besar pasak daripada tiang. Berikut ini adalah 4 cara untuk mengontrol uang yang bisa membuat kamu bisa lebih sejahtera.

1. Susun anggaran dan alokasikan untuk kesejahteraan

Tahun ini merupakan tahun yang sulit dan perlu menahan diri. Banyak orang menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah tanpa ada pemisahan antara kehidupan kerja dan rumah tangga. Untuk mengatasi situasi tersebut, mulailah dengan meninjau anggaran dan atur alokasikan keuangan yang dibelanjakan dan simpan dari jumlah yang dihasilkan.

Pastikan kamu membayar tagihan dan menyisihkan uang untuk dana darurat. Selain itu, alokasikan budget untuk memenuhi kebutuhan yang bisa membuat kamu bahagia, terhindar dari stres, dan mendongkrak semangat kerja. Misalnya budget untuk minum kopi atau mungkin budget khusus untuk membeli vitamin.

2 dari 4 halaman

2. Belajar dari masa lalu

Mengatur keuangan bukan hanya permainan angka. Ada sejumlah faktor psikologis yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang terhadap uang. Untuk mengendalikan uang itu, Anda bisa belajar dari peristiwa yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

Peristiwa apa? Bagaimana perasaanmu tentang itu? Apakah itu membuatmu tidak nyaman? Apakah sejalan dengan yang ingin kamu lakukan? Dan lainnya. Pertanyaan-pertanyaan itu bisa mengungkapkan beberapa emosi, yang intinya bisa memperbaiki kebiasaan atau pola pikir dalam menggunakan. Kamu harus jujur tentang hal-hal yang tidak sesuai dan perlu diubah.

3 dari 4 halaman

3. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Membandingkan diri kamu dengan orang lain adalah bagian dari sifat manusia dan semakin mudah dengan munculnya media sosial. Daripada sibuk akan hal itu, hal penting yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tujuan hidup.

Temukan apa yang membuat kamu bahagia. Setelah itu, mulai menyelaraskan uang yang kamu miliki dengan hal-hal yang membuatmu bahagia. Itu bisa menjadi langkah pertama yang penting agar tidak terlalu banyak membandingkan diri dengan orang lain.

4 dari 4 halaman

4. Mulai untuk investasi

Investasi menjadi salah satu cara terbaik untuk mengontrol uang kamu. Para miliarder dunia dan Indonesia telah membuktikan itu. Dari investasi reksadana, logam mulia, property, surat berharga negara, hingga saham. Masing-masing memiliki tingkat keuntungan dan risiko yang berbeda.

Karena kecenderungan nilainya yang meningkat terus dari tahun ke tahun, maka emas adalah investasi yang paling mampu melindungi nilai kekayaan kamu. Selain itu, investasi emas juga dapat terhindar dari risiko inflasi dan suku bunga tinggi, tak seperti saham dan mata uang kripto pada umumnya, menyimpan emas justru menghasilkan keuntungan.

Jika diperlukan, emas bisa dicairkan dengan mudah dan bisa tentunya bisa mensejahterakan pemiliknya. Pastikan untuk membeli emas yang terjamin keaslian dan kemurniannya dengan sertifikat LBMA (London Bullion Market Association).

Itulah beberapa cara jitu untuk mengontrol uang kamu, untuk tips mengelola keuangan lainnya, kamu bisa klik di sini

 

(*)