Sukses

6 Cara Mudah Membersihkan Kompor yang Berminyak

Liputan6.com, Jakarta - Beragam peralatan dapur wajib dirawat untuk memperpanjang usia pemakaian. Satu di antaranya adalah membersihkan kompor gas yang dapat mempersingkat waktu memasak dibanding cara memasak tradisional.

Jika Anda tidak rutin membersihkan kompor gas, maka dapat menyebabkan masalah kompor gas tersumbat, api yang berwarna merah, kompor yang berkarat, hingga kompor tidak mau menyala. Selain mengelap bagian luarnya setiap kali selesai memasak, Anda disarankan untuk membersihkan kompor gas secara menyeluruh setiap tiga bulan sekali.

Lantas, bagaimana cara mudah membersihkan kompor yang berminyak dengan benar? Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman Dawndish, Rabu, 17 Februari 2021.

1. Matikan kompor

Pertama yang harus diperhatikan setiap ingin membersihkan kompor gas Anda, sangat penting untuk memastikan kompor benar-benar mati dan dingin saat disentuh sebelum Anda mulai membersihkan. Kompor yang berminyak akan menimbulkan ketidaknyamanan saat bermasak. Maka dari itu, segera bersihkan kompor gas Anda dan jangan lupa dimatikan saat membersihkan.

2. Gunakan cairan pembersih khusus

Cara selanjutnya, Anda harus menyiapkan cairan pembersih khusus. Siapkan mangkuk berisi air hangat lalu campurkan cairan pembersih khusus.

Setelah itu celupkan spons ke dalam cairan pembersih, peras spons hingga berbusa. Anda siap untuk membersihkan kompor gas, baik minyak yang menempel dari permukaan kompor seperti halnya membersihkan piring.

2 dari 5 halaman

3. Bersihkan area tertentu

Sebelum membersihkan kompor gas Anda, ada baiknya untuk mengetahui kompor gas Anda. Jika merasa sudah aman dan siap untuk dibersihkan, maka gunakan teknik scrubbing dengan gosok permukaan berminyak secara bolak-balik mengikuti butirannya, sampai kotoranya benar-benar terangkat.

4. Perhatikan noda pada kompor

Langkah selanjutnya, setelah membersihkan dengan teknik scrubbing, Anda harus memperhatikanya kembali apa masih ada noda atau benar-benar sudah bersih. Jika masih ada noda membandel, aplikasikan langsung cairan pembersih khusus ke sisi lembut spons dan gosok hingga noda pada kompor Anda benar-benar menghilang.

3 dari 5 halaman

5. Jangan lupa bilas

Ketika sudah membersihkan kompor gas dengan cairan pembersih khusus, jangan lupa Anda harus mengelap kompor gas dan bersihkan sisa minyak dan sisa sabun dengan menggunakan tisu basah. Hal ini membantu untuk kompor terlihat seperti baru ketika digunakan kembali.

6. Keringkan

Terakhir, segera keringkan permukaan kompor gas menggunakan handuk bersih dengan cepat. Cara ini harus teliti supaya ketika di keringkan kompor tidak mengalami masalah. Ketika sudah di keringkan kompor siap untuk digunakan kembali untuk masak. (Muhammad Thoifur)

4 dari 5 halaman

5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: