Sukses

Tanaman Hias yang Cocok Berdasarkan Karakter Zodiak Anda

Liputan6.com, Jakarta - Merawat tanaman hias kini menjadi hobi yang kembali digemari banyak orang di masa pandemi Covid-19. Tetapi karena jenisnya sangat beragam, pemula terkadang kebingungan menentukan tanaman apa yang cocok untuk dirawat di rumah.

Sebagian orang percaya tanaman hias yang ditanam di sekitar rumah menggambarkan kepribadian yang menanamnya. Sifat, kepribadian, dan kesukaan seseorang berdasarkan zodiaknya ternyata juga bisa diterapkan dalam pemilihan tanaman. Mengutip The Spruce, Rabu, 17 Februari 2021, berikut beberapa pilihan tanaman hias berdasarkan zodiak.

1. Aries - Umbrella Plant

Umbrella plant (Schefflera) atau tanaman payung merupakan tanaman energik yang dapat tumbuh dalam ukuran yang sangat besar jika dirawat dengan benar. Sama seperti Aries yang penasaran dan semangat, tanaman ini berwarna hijau terlihat cerah dan cemerlang. Namun, sifat Aries yang berapi-api dan impulsif dapat membuatnya agak beracun jika tidak dianggap serius dan dianggap dengan cinta.

Tanaman ini biasanya menghasilkan bunga apabila ditanam di luar ruangan. Sebaliknya bila ditanam dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan, tumbuhan ini tidak menghasilkan bunga.

Tanaman hias ini juga berfungsi untuk memberikan udara segar dalam rumah Anda. Selain itu juga bagus menambah estetika jika ditanam dekat pintu masuk rumah Anda dan juga dapat dipangkas disesuaikan kebutuhan anda.

 

2. Taurus - Rubber Plant

Tanaman karet atau dengan nama latin Ficus elastica ini dapat tumbuh dengan berani dan indah tetapi membutuhkan waktu untuk benar-benar berakar dan tumbuh sempurna. Sifatnya dianggap mirip seperti Taurus yang bergerak lambat dan disengaja.

Tanaman hias ini akan tumbuh dengan mantap setelah diberikan kondisi optimal, seperti cahaya terang dengan secara tidak langsung. Sifat keras kepala di antara keduanya membuat Taurus dan tanaman ini jadi mitra yang tangguh, mantap, dan setia. Tanaman Rubber Plant sangat bagus diletakkan di dalam ruangan karena mampu menghilangkan karbon monoksida, formaldehida, trikloroetilen, dan bahan kimia lainnya.

3. Gemini - Spider Plant

Tanaman yang tumbuh dengan cepat ini mudah bergaul dan cepat berkembang biak menjadi tunas yang lebih kecil untuk mencerahkan ruangan. Mirip dengan Gemini yang penasaran, tumbuh subur di tengah petualangan dan situasi sosial, tanaman laba-laba atau dengan nama latin Chlorophytum ini selalu menemukan cara untuk tumbuh dan akan beradaptasi dengan interaksi apa pun yang diberikan.

Tanaman laba-laba dianggap sebagai salah satu tanaman dekorasi termudah untuk tumbuh. Tanaman ini dapat tumbuh dalam berbagai kondisi dan tidak memiliki masalah pemeliharaan. Yang pasti, tanaman ini bisa mengurangi polusi udara dalam ruangan, khususnya senyawa formaldehida.

 

 

 

 

2 dari 6 halaman

4. Cancer - Aloe Vera

Aloe vera atau dengan nama latin Aloe barbadensis ini adalah tanaman swasembada yang membawa bobotnya untuk menahan apapun yang datang. Lidah buaya berfungsi sebagai tanaman hias dan obat, mirip seperti Cancer yang hidupnya sering didedikasikan untuk merawat dan melindungi orang-orang yang mereka cintai.

Lidah buaya mengandung antioksidan, kalsium, natrium, magnesium, glukosa, folat, vitamin A, B, C, dan E. Di dalam lidah buaya juga mengandung asam amino esensial. Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang dimilikinya inilah yang membuat lidah buaya menjadi tanaman herbal yang baik untuk tubuh.

5. Leo - Lidah Mertua

Seperti Leo yang penuh dengan kebanggaan, tanaman lidah mertua atau bernama latin Sansevieria trifasciata ini dapat tumbuh subur dengan daun berwarna gelap dan kokoh. Mampu bertahan hingga satu bulan tanpa air, ini mewujudkan sikap bertanggung jawab Leo, dan daunnya yang runcing mencerminkan kesombongan dan sifat angkuh Leo saat merasa tidak dihargai dan dicintai.

Tanaman ini juga cocok jadi tanaman indoor karena bisa menyaring zat-zat oksida berbahaya dan mengeluarkan oksigen di malam hari. Cukup tempatkan di tempat yang tidak terkena matahari langsung dan beri air saat tanah sudah kering.

6. Virgo - Ponytail Palm

Tanaman yang tumbuh lambat ini sejuk dan lembut di luar tetapi memiliki batin yang selalu bekerja dan bergeser. Seperti Virgo yang memiliki begitu banyak hal yang terjadi di bawah permukaan, ia menggunakan cadangan batangnya untuk terus tumbuh.

Tanaman ini tumbuh subur dalam cahaya sedang dan menyimpan air di batangnya yang tebal sehingga bisa bertahan lama tanpa air. Tanaman bernama latin Beaucarnea recurvata yang juga dikenal dengan sebutan tanaman kuncir kuda atau tanaman nolina ini justru cepat mati bila dibanjiri terlalu banyak air. Tanaman kuncir kuda akan senang jika disiram setiap sekali dalam beberapa pekan dan dibiarkan begitu saja berjemur di bawah sinar matahari.

3 dari 6 halaman

7. Libra - Peace Lily

Seperti namanya, Peace Lily (Spathiphyllum) sangat cocok untuk keinginan Libra akan harmoni dan keseimbangan. Tanaman ini dapat tumbuh dalam banyak situasi dan dengan jumlah air yang bervariasi.

Tanaman ini memiliki daun hijau mencolok dan bunga putih yang lembut serta bisa tumbuh sepanjang tahun. Keseimbangan warna, kekuatan, dan kemanisan yang mewujudkan kepribadian dari peace lily yang menunjukkan kepribadian sifat Libra.

Tak hanya cantik, Peace Lily juga bisa menyerap zat kimia beracun seperti senyawa kimia pada cat dinding dan beberapa peralatan rumah tangga. Perawatannya pun sangat mudah karena tidak banyak membutuhkan cahaya matahari langsung.

8. Scorpio - Bromeliad

Independen di alam, Bromeliad (Bromeliaceae) adalah representasi sempurna dari Scorpio. Ketika sedang dibiarkan sendiri, tanaman ini akan tumbuh tunas untuk menggantikan mekar asli dan dapat bertahan, baik dalam perubahan waktu maupun suhu. Seperti Scorpio yang dapat mengendalikan diri dan disiplin, ia akan terus maju dan terus tumbuh.

Hampir semua jenis tanaman bromelia adalah tanaman asli yang tumbuh di daerah iklim tropis. Habitat asli mereka lembab dan mereka tumbuh di kawasan hutan rindang atau melekat pada pohon. Itu berarti bahwa bromelia diadaptasi untuk iklim yang hangat, basah dan teduh.

9. Sagitarius - Air Plant

Tanaman udara atau Air Plant atau dengan nama latin Tillandsia ini tak perlu membuat akar untuk berkembang. Sama seperti Sagitarius yang berjiwa bebas dan membutuhkan petualangan dan kebebasan, tanaman satu ini dapat tumbuh tanpa akar sama sekali.

Selama dicelupkan ke dalam air setiap beberapa hari sekali, tanaman satu ini akan kreatif untuk beradaptasi dan tak membuthukan rutinitas yang ditetapkan. Tillandsia merupakan tanaman epifit yang cara hidupnya menempel atau bergantung pada tangkai, batang juga ranting-ranting tanaman lain yang lebih tinggi.

 

 

4 dari 6 halaman

10. Capricorn - Pothos

Pothos atau tanaman yang dikenal dengan nama Ivy atau nama latin Epipremnum aureum ini secara alami mewakili sifat setiap Capricorn. Tanaman satu ini akan selalu menemukan cara untuk bertahap hidup. Pothos punya kemampuan untuk bertahan dalam semua jenis kondisi dan situasi, sama seperti Capricorn yang selalu dapat bertahan dengan sifat keras kepalanya yang sempurna.

11. Aquarius - Asparagus Fern

Tanaman pakis berbulu halus satu ini dapat beradaptasi di area gelap dan terang. Seperti Aquarius, tanaman bernama latin Asparagus aethiopicus ini murah hati dan tumbuh subur dengan koneksi. Bahkan jika diabaikan, ia akan menemukan cara untuk menyerap setiap perhatian yang diberikan dan terus berkembang.

12. Pisces - Jade

Mandiri dan mudah berkembang, tanaman giok satu ini sangat cocok untuk tanda air yang penuh gairah seperti Pisces. Jade (Crassula ovata) tahan banting dengan tanpa air, ia akan menemukan cara untuk menghidrasi dirinya kembali. Sama seperti Pisces yang mandiri dan kehidupan batinnya yang bersemangat membuat mereka terus maju, tanaman Jade ini akan menemukan cara untuk bertahan hidup, terlepas dari segala rintangan. (Melia Setiawati)

5 dari 6 halaman

8 Tips Nyaman Pakai Masker

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: