Sukses

Busana Lady Gaga di Pelantikan Presiden AS Jadi Buah Bibir, Warganet Singgung Hunger Games

Liputan6.com, Jakarta - Lady Gaga terpilih sebagai pelantun lagu kebangsaan saat pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat. Dalam kesempatan tersebut, sang bintang pop itu mengenakan ball gown yang khusus dirancang rumah mode Schiaparelli Couture.

Ball gown tersebut didesain oleh Daniel Roseberry, seorang desainer Amerika yang berbasis di Prancis. Ia memadukan jaket pas badan berbahan kasmir berwarna biru gelap dengan rok mengembang berbahan sutra faille berwarna merah terang.

"Sebagai seorang Amerika yang tinggal di Paris, desain ini seolah sebuah surat cinta kepada negaraku yang sangat aku sayangi dan untuk seorang penampil yang daya seninya kukagumi sejak lama," kata Roseberry, direktur kreatif rumah mode tersebut tentang tampilan Gaga, dikutip dari Harper's Bazaar, Kamis (21/1/2021).

Busana itu dilengkapi aksen bros merpati keemasan berukuran super besar. Dikutip dari laman Vogue, bros tersebut perlambang kedamaian, hal yang belakangan terusik oleh sejumlah aksi protes dan kerusuhan di Amerika Serikat.

Sang Mother Monster memilih tata rambut klasik untuk menyempurnakan penampilannya. Rambutnya ditata updo dengan detail kepangan rambut berselang-seling dengan pita hitam mengelilingi kepala. Sebagian poninya dibiarkan menjuntai di depan, membingkai wajahnya lebih lembut. Ia juga menyematkan bunga poppy merah di antara kepangan yang juga menyimbolkan perdamaian.

Riasan wajahnya dibuat senatural mungkin. Lady Gaga memilih warna merah terang dari label miliknya sendiri. Pilihan warna itu bukan semata untuk menaarik perhatian, tetapi juga menyimbolkan pemberdayaan perempuan. 

"Dengan makeup yang klasik dan romantis, serta pilihan shade lipstik merah yang sempurna, rasanya sangat tepat untuk hari yang bersemangat ini. Secara keseluruhan, riasannya berkonsep lembut dan bercahaya," kata Sarah Tanno, makeup artist Lady Gaga kepada Vogue.

2 dari 4 halaman

Komentar Kocak Warganet

Tampilan Lady Gaga sontak menarik perhatian publik. Warganet pun riuh mengomentari busana yang dikenakan pelantun Poker Face itu.

Sebagian menyoroti bros merpati yang disematkan di bagian dada. Bentuknya mengingatkan pada film Hunger Games yang sama-sama memiliki simbol burung. Bedanya, burung di Hunger Games adalah mockingjay, bukan merpati.

"When you have the inauguration at 12 but you're hosting The Hunger Games at 12.30. (Saat kamu harus tampil di inagurasi jam 12, tetapi juga harus membawakan acara Hunger Games pada 12.30)," komentar salah seorang warganet.

"Hunger Games vibes," imbuh yang lain.

"I was like 'is that mockingjay?'" komentar warganet berbeda.

Meski begitu, tetap banyak yang memuji tampilan Lady Gaga di acara resmi kenegaraan tersebut. Banyak pula yang menyayangkan Lady Gaga tak mengenakan masker saat tampil dan bernyanyi di momen bersejarah tersebut. Padahal, penggunaan masker selalu digaungkan Biden dan Harris untuk menekan penyebaran Covid-19. 

3 dari 4 halaman

Kemenangan Joe Biden

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: