Sukses

Jualan Hand Sanitizer, Kylie Jenner Dituding Sekadar Cari Untung

Harga hand sanitizer milik Kylie Jenner jauh lebih mahal dibandingkan merek-merek ternama lain.

Liputan6.com, Jakarta - Di masa pandemi corona Covid-19, hand sanitizer termasuk produk yang wajib dibawa dan tesedia di tempat-tempat umum. Tak heran kalau berbagai merek meluncurkan produk hand sanitizer mereka masing-masing, termasuk merek Kylie Skin milik Kylie Jenner.

Hand sanitizer dari Kylie Skin ini mengandung 80 persen alkohol. Selain itu, produk tersebut juga diklaim bisa melembapkan kulit tangan dengan kandungan gliserinnya.

"Hand sanitizer @kylieskin saya sudah hadir!!," tulis Kylie melalui akun Twitter pribadinya, seperti dilansir dari Insider, Kamis (7/1/2021).

Sayangnya, peluncuran hand sanitizer dari Kylie Skin ini menuai kritik karena harganya yang terlampau mahal. Hand sanitizer berukuran 60 ml dan botol berwarna merah muda tersebut dijual dengan harga 7 dolar AS atau sekitar Rp97 ribu.

Tak sedikit warganet yang menuding Kylie memanfaatkan situasi pandemi untuk mencari keuntungan pribadi. Padahal, Kylie sudah memiliki harta kekayaan yang melimpah sekitar 900 juta dolar AS atau sekitar Rp12,5 triliun.

"Kylie Jenner mengatakan satu miliar dolar tidak cukup, mari biarkan diri saya mengkapitalisasi orang-orang tak mampu di tengah pandemi," tulis pemilik akun @aleeyahmarie di Twitter.

Ada juga yang menyoroti kalau harga hand sanitizer milik Kylie Jenner jauh lebih mahal dibandingkan merek-merek ternama lain. Sebagai perbandingan, Advanced Hand Sanitizer Refreshing Gel dari Purell dibanderol dengan harga 2,99 dolar AS atau sekitar Rp 41 ribu untuk ukuran 236 ml.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memberikan Donasi

Meski banyak dikritik, ada pula penggemar Kylie Jenner yang membela artis idolanya. Mereka mengatakan kalau selebritas sekaligus sosialita itu telah mendonasikan uang untuk membantu para petugas di garda terdepan serta memberikan hand sanitizer ke beragam rumah sakit di Southern California selama pandemi.

"Saya tidak mengerti kenapa Kylie mendapatkan hujatan. Banyak perusahaan yang meluncurkan hand sanitizer, sebagian bagus dan sebagian tidak, lalu mereka mendapatkan pujian. Kylie melakukannya juga dan dia mendapatkan kritik," komentar seorang warganet.

Kylie Jenner belum memastikan apakah penggemarnya itu mengatakan hal yang sesungguhnya.Yang jelas, sejak Maret lalu, Kylie Jenner sudah bekerja untuk merancang produk hand sanitizer. Perusahaan kosmetik Kylie Jenner juga telah mendonasikan 1 juta dolar AS untuk bantuan Corona Covid-19.

3 dari 3 halaman

7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.