Sukses

Riwayat Perjalanan Aa Gym Sebelum Positif Covid-19, Sempat Pergi Jakarta-Bandung

Aa Gym mengaku mengunjungi sejumlah tempat sebelum dinyatakan positif Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Abdullah Gymnastiar atau yang dikenal dengan Aa Gym mengungkapkan dirinya positif Covid-19. Pendakwah itu mengaku hasil tes swab miliknya yang dijalani di Rumah Sakit Dustira diterimanya pada Senin malam, 28 Desember 2020.

Aa Gym menjelaskan kronologi hasil positif Covid-19 lewat kajian MQ Pagi dan diunggah ulang di akun Instagram miliknya. Ia mengungkapkan riwayat perjalanannya sejak Rabu, 23 Desember 2020. Pada hari itu, ia melakukan perjalanan pulang dari Jakarta ke Bandung.

"Hari Rabu kemarin, Jakarta ke Bandung lima jam. Kamis pagi sudah siaran," kata Aa Gym, Selasa (29/12/2020).

Tiba di Bandung, ia segera menuju Eco 2, pesantren yang dikelolanya yang berlokasi di Bandung Barat. Ia sempat kemping pada Rabu malam sebelum kembali siaran pada Kamis pagi, 24 Desember 2020. Setelahnya, ia sempat berenang tanpa disebutkan lokasinya.

Keesokan hari, Aa Gym juga bersepeda. Lalu, Ia mengikuti salat Jumat di halaman Masjid Salman yang berada di kawasan ITB.

"Cari yang paling aman, di tamannya yang tidak banyak orang, tidak kontak," sambung dia lagi.

Pada Sabtu, 26 Desember 2020, ia dijadwalkan kembali ke Jakarta. Namun, Aa Gym merasa kurang enak badan sehingga meminta diinfus vitamin dan menjalani rapid test. Tak dijelaskan apakah rapid test dimaksud adalah rapid test antigen atau rapid tes antibodi.

"Sabtu itu hasilnya negatif. Tapi juga kelelahan sehingga dianjurkan istirahat. Aa inisiatif untuk isolasi mandiri di satu tempat sepi, dan jauh dari orang-orang," tuturnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersama Anak dan Santri

Aa Gym melanjutkan isolasi mandiri hingga kemarin sembari menunggu giliran tes swab PCR. Selama menunggu dan isolasi mandiri, ia mengaku ditemani anak dan santri yang selalu mendampingi. 

"Tetapi kita pakai masker," kata dia.

Ia menyatakan berdasarkan hasil swab, hanya dirinya yang positif Covid-19, sedangkan anak dan santri yang bersamanya dinyatakan negatif. "Alhamdulillah, alla kulli hal, sudah berusaha sedisiplin mungkin, mengajak orang berdisiplin, (tetapi tetap kena). Mohon Aa didoakan ya," ujarnya.

Ia mengimbau siapapun yang sempat kontak erat dengannya untuk ikut di-swab PCR juga. Sejauh ini, ia mengaku kondisinya baik meski sedikit batuk dan pusing karena kurang tidur.

"Pasti ada hikmahnya. Kebanyakan dosa ini, doakan semoga Allah mengampuni. Itu yang penting," ucap Aa Gym.

3 dari 3 halaman

Tips Liburan Seru di Rumah Aja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.