Sukses

Halte Sedekah, Cara Unik Berbagi pada Sesama di Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta - Halte pada umumnya berfungsi sebagai tempat pemberhentian bus. Namun lain halnya di Yogyakarta, hal justru digunakan untuk menampung makanan yang merupakan sedekah dari warga.

"Halte buat naik bus udah biasa. Kalau halte buat bagi- bagi makanan gratis, udah pernah lihat?" tulis akun Instagram kitabisa.com, baru-baru ini.

Namanya Halte Sedekah @katupadumai. Lokasinya berada di depan Balai Desa Palbapang dan depan Balai Desa Kebonagung, Yogyakarta.

"Sesuai namanya, halte ini bukan tempat mangkal kendaraan, tapi tempat ngumpulin makanan buat disedekahkan ke warga membutuhkan," tulis akun kitabisa.com.

Keberadaan Halte Sedekah dimulai oleh Sujiyati, pendiri Katupadumai pada Juli 2020. Hal itu dilakukan usai melihat banyak orang terdampak pandemi corona Covid-19 dan membutuhkan bantuan.

2 dari 4 halaman

Tak Menyangka

Mereka menyediakan ratusan nasi bungkus gratis setiap hari. Warga yang mau ikut menyumbang makanan juga bisa dititipkan ke Halte Sedekah. Setiap Jumat, ada sayur gratis yang dibagikan bareng nasi bungkus.

“Saya masih suka gak nyangka, ternyata nasi yang sebungkus ini ada yang menanti. Kita jadi semangat buat lanjutin Halte Sedekah ini,” kata Ida, salah satu pengurus Komunitas Katupadamai.

Katupadamai sendiri merupakan akronim dari Kamu dan Aku Bersatu Padu Menuju Damai. Kabarnya, semua anggota komunitas ini adalah ibu-ibu.

Selain nasi bungkus, donatur bisa menyumbangkan camilan atau sayur-sayuran. Saat ini Komunitas ini sudah berbadan hukum.

3 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: