Sukses

Perjuangan Jane Wrastler Membangun Kembali Bisnisnya dari Kebangkrutan

Dari bisnis voucher game, Jane mendapat keuntungan yang luar biasa hanya dalam dua tahun.

Liputan6.com, Jakarta -  Berada di puncak kesuksesan, tak sesulit mempertahankan kesuksesan itu sendiri. Saat seseorang berada di posisi kejayaan, biasanya tingkat konsumsi semakin tinggi seiring dengan nilainya.

Saat mencapai kesuksesan, godaan untuk menghabiskan uang semakin tinggi dan tak menutup kemungkinan munculnya seseorang yang ingin menjatuhkan. Itu sebabnya, mempertahankan yang kita miliki lebih sulit daripada mendapatkannya.Kehilangan kejayaan akan membuat seseorang frustasi dan depresi. Untuk bangkit kembali perlu perjuangan yang tidak mudah.

Seperti yang dialami oleh perempuan yang dikenal sebagai Jane Wrastler ini. Ia pernah merasakan berada di puncak dan jatuh sampai tak memiliki tabungan. Perempuan kelahiran 1997 ini mulai terjun di dunia bisnis penjualan voucher game online pada tahun 2013 silam. Dari bisnisnya itu, Jane mendapat keuntungan yang luar biasa hanya dalam dua tahun.

Sampai pada tahun 2015, ia mengaku jatuh bangkrut karena suatu hal. Bahkan ia tak memiliki tabungan sama sekali, sekadar RP 10 ribu saja tak ia miliki."Tahun 2015 saya bangkrut bahkan benar-benar tidak pegang uang meksi cuma Rp 10 ribu saja. Padahal, saya masih punya tanggungan ke reseller sebesar Rp 200 juta. Akhirnya, saya sempat menghilang selama setahun," kata pemilik akun Instagram @jane.wrstlr ini.

Selama menghilang, Jane memanfaatkan waktu kontemplasinya itu untuk memutar otak agar ia bisa bangkit kembali dan mengambil kesuksesannya kembali. Pada 2016, ia kembali muncul di media sosial Facebook miliknya.

"Selama menghilang itu saya mencari uang, bukannya kabur. Tahun 2016 saya balik ke Facebook buat menyelesaikan masalah saya. Buat saya, tidak ada yang tidak mungkin kalau memang niat berusaha," lanjutnya.

Dari cobaan yang telah ia lalui, perempuan asal Serang ini memetik pelajaran yang berharga. Kedepannya, ia akan lebih berhati-hati menjalin relasi."Dari kejadian ini, banyak pelajaran yang saya dapat dan saya tahu harus berbuat apa. Saya juga jadi sadar, bila banyak manusia bermuka 1000 di sekeliling saya," tambahnya.

Setelah menyelesaikan masalahnya, Jane Wrastler kembali mencoba peruntungan jual beli dari awal. Seperti yang kita tahu, memulai sesuatu dari nol itu tidak mudah."Tiga bulan pertama mulai lagi, saya kesulitan mendapat pelanggan. Saya tidak pernah putus asa karena saya percaya rejeki tidak pernah tertukar. Saya juga pernah terjun ke dunia crypto, semua yang menghasilkan uang saya cobain," kata Jane.

Tahun 2017 ia mulai serius terjun di dunia jual beli voucher game Mobile Legend. Keikutsertaannya dalam dunia game ini membuatnya mendapat kesempatan bergabung dengan esport PUBG ladies dan sempat menjalin kontrak dengan esport."2019 saya diajak gabung esport PUBG ladies, tetapi tidak lama karena saya jadi jarang jualan," ucap perempuan bernama asli Janiani Fatmasari ini.

Akhir tahun menjadi kejayaannya lagi, ia mampu mendapat keuntungan hingga Rp 800 ribu via ID. Bahkan ia sempat menerima transaksi hingga Rp 500 juta dalam sehari.

"Pernah dapat omset Rp 500 juta sehari pada bulan Januari. Tapi setelah itu saya bangkrut lagi dalam waktu singkat. Saya sempat ngilang beberapa hari. Saya benar-benar down. Akhirnya saya meminta bantuan teman untuk pinjam uang. Dari sini saya ketemu Cece, Nabila, Hizny yang selalu dukung dan sekarang jadi admin saya," jelasnya.

Dari bantuan teman-temannya, Jane mulai kembali pada bisnisnya dengan modal yang tak sebanyak saat awal mulai. Hanya dengan uang Rp 10 juta, ia kembali membangun bisnisnya dari nol dan masih bertengger hingga sekarang."Saya bersyukur sekali dikelilingi orang-orang baik seperti tiga teman saya yang sangat pengertian. Bisnis masih bertahan jalan sampai sekarang berkat dukungan mereka yang selalu mengingatkan saya," tutup perempuan pemiliki Instagram @janewrastler ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini