Sukses

Ingin Menurunkan Berat Badan? Simak 6 Tips Saat Menikmati Makan Malam

Liputan6.com, Jakarta - Mengatur pola makan dapat menjadi salah satu upaya dalam menurunkan berat badan. Namun dapat pelaksanaannya, tentu tidak semudah yang dibayangkan, termasuk dalam menikmati makan malam.

Dilansir dari laman Times of India, Minggu (13/12/2020), kbanyakan orang makan berlebihan atau menikmati makanan yang tidak sehat selama waktu makan malam. Hal tersebut tentunya dapat menghambat rencana penurunan berat badan.

Lantas, apa saja trik yang dapat diikuti untuk menyantap makan malam yang sederhana? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Gunakan piring kecil

Guna menurunkan berat badan secara efektif dan dalam jangka waktu tertentu, penting untuk makan kalori dalam jumlah terbatas. Piring besar berarti lebih banyak makanan dan lebih banyak asupan kalori.

Maka dari itu, agar tidak makan berlebihan, selalu pilih piring ukuran kecil. Juga perhatikan untuk mengisi dengan makanan sehat dan bergizi.

2. Minum air sebelum makan malam

Cairan tidak hanya membuat kita terhidrasi, namun juga menciptakan sensasi kenyang dan membantu kita makan lebih sedikit. Hal tersebut memudahkan otak kita untuk mengenali rasa kenyang dan kita berhenti makan.

Lantas, bagaimana caranya untuk membantu menurunkan berat badan? Minumlah satu gelas besar air 30 menit sebelum waktu makan Anda.

2 dari 5 halaman

3. Makan malam lebih awal

Tidur setelah makan malam dapat menjadi faktor lain yang dapat menghambat kemajuan penurunan berat badan Anda. Hal terbaik adalah makan malam dua jam sebelum tidur. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka makanlah pada pukul 7 malam.

4. Jika memungkinkan, makan kentang untuk makan malam

Studi menunjukkan kentang memiliki tingkat rasa kenyang tertinggi dibandingkan dengan karbohidrat lainnya. Hal ini dapat membuat Anda merasa tiga kali lebih kenyang dari sepotong roti putih.

3 dari 5 halaman

5. Makan di meja makan

Gangguan pada waktu makan dapat membuat Anda kehilangan jejak rasa lapar dan Anda akan makan berlebihan. Maka dari itu disarankan untuk tidak makan di depan televisi.

6. Hati-hati dengan minyak

Kesalahan umum yang dilakukan banyak orang saat memasak adalah mengabaikan kandungan kalori pada minyak Jika terlalu banyak menuangkan minyak ke penggorengan, akan berbahaya bagi rencana penurunan berat badan Anda.

Meskipun Anda menggunakan lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau ghee, jumlah lemak dalam makanan Anda harus minimal.

 
4 dari 5 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: