Sukses

5 Tips Melembapkan Kulit Saat Pakai Moisturizer Saja Tak Cukup

Liputan6.com, Jakarta - Publik sudah terlalu familiar dengan saran bahwa cara terbaik menghilangkan kulit kering dan gatal adalah memakai pelembap atau moisturizer. Pelembap dinilai membuat kulit kenyal, halus, serta meminimalkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus.

Meski demikian, ada tips dan produk perawatan lain yang dapat Anda masukkan ke dalam rutinitas kecantikan demi mendapat kulit bercahaya nan terhidrasi. Karena, di beberapa kondisi, dibutuhkan lebih dari sekadar pelembap untuk merawat kulit kering dan kusam.

Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir dari laman Her World Singapura, Sabtu, 5 Desember 2020.

1. Oleskan Serum yang Menghidrasi

Jika memiliki kulit kering, pertimbangkan untuk memasukkan serum ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Serum biasanya berbentuk gel atau cair dan lebih mampu menembus lapisan kulit karena komposisi molekulnya yang kecil.

Berikan tingkat kelembapan yang sangat besar pada kulit 'haus' dengan serum berformulasi bahan-bahan pelembap, seperti asam hialuronat. Oleskan satu atau dua tetes serum ke wajah Anda setelah dibersihkan, tapi sebelum memakai pelembap dan tabir surya.

2. Manfaatkan Skin Booster

Produk ini biasanya mengandung konsentrasi tinggi bahan-bahan ampuh untuk menargetkan masalah kulit tertentu. Booster dapat digunakan sendiri atau dicampur dengan pelembap harian Anda untuk membuat produk bekerja lebih maksimal.

2 dari 6 halaman

3. Lapisi Minyak Bernutrisi

Setelah pelembap, lanjutkan tahap perawatan dengan mengoleskan minyak wajah pilihan untuk kelembapan dosis ganda. Demi kilau maksimal, campurkan tiga hingga lima tetes minyak ke dalam pelembab Anda dan oleskan ke seluruh wajah, juga leher.

Penting untuk diperhatikan bahwa tak semua minyak dibuat sama. Beberapa di antaranya lebih bersifat astringen dibanding yang lain. Jadi, sebaiknya cari minyak yang kaya asam lemak, seperti asam oleat, untuk melembapkan kulit, mengunci kelembapan, dan mencegah iritasi akibat kekeringan. Misalnya, minyak almond dan minyak marula.

3 dari 6 halaman

4. Eksfoliasi Kulit Anda dengan Ringan

Penumpukan sel kulit mati dapat menghambat kemampuan kulit menyerap produk seperti pelembap. Pilih produk eksfoliasi yang diformulasikan dengan asam glikolat atau laktat untuk mengangkat kulit mati dengan lembut.

Cara lainnya, jika kulit Anda lebih sensitif, lewati exfoliator dan bersihkan sel kulit mati menggunakan waslap basah atau kapas bertekstur lembap. 

4 dari 6 halaman

5. Pakai Face Mist

Face mist bisa dimanfaatkan untuk melawan kondisi kulit kering, memulihkan kulit kusam, dan meremajakan kulit yang lelah.

Jika memiliki kulit kering, carilah face mist yang dapat meningkatkan kelembapan dan bahan penambah hidrasi kulit, seperti asam hialuronat atau squalene. Penggunaannya dipercaya mampu mengunci kelembapan dan memperbaiki pelindung kulit yang rusak.

5 dari 6 halaman

Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: