Sukses

Pemeran Film Juno Umumkan Jadi Transgender, Simak Alasan Keputusannya

Liputan6.com, Jakarta - Pemeran film Juno, Ellen Page yang kini mengubah namanya menjadi Elliot Page, mengumumkan dirinya seorang transgender. Kabar itu disampaikan melalui sebuah pesan yang diunggah di akun Instagram pribadinya pada Selasa, 1 Desember 2020.

"Hai teman-teman, saya ingin berbagi dengan kalian bahwa saya seorang trans, kata ganti saya dia/mereka (he/they) dan nama saya Elliot. Saya sangat beruntung menulis ini. Ada di sini. Berada di tempat ini di hidup saya," bunyi keterangan pesan yang ditulis Elliot soal dirinya transgender.

Elliot melanjutkan, ia merasa sangat bersyukur dengan orang-orang yang telah mendukungnya selama perjalanan hidupnya. Aktor berusia 33 tahun ini begitu bahagia dapat mencintai dirinya dan mengejar jati diri.

"Saya sangat terinpirasi oleh begitu banyak komunitas trans. Terima kasih atas keberanian, kemurahan hati Anda, dan tanpa henti bekerja untuk menjadikan dunia ini tempat yang lebih inklusif dan penuh kasih," lanjut pemain serial The Umbrella Academy ini.

Elliot juga akan selalu mendukung apapun yang dapat ia perjuangkan untuk masyarakat yang lebih setara dan penuh kasih. Ia menyebut suka citanya terasa nyata, namun juga rapuh.

"Sebenarnya, meski merasa sangat bahagia kini dan tahu betapa besar hak istimewa yang saya bawa, saya juga takut. Takut dengan invasi, kebencian, 'lelucon', dan kekerasan," tambahnya.

Selain itu, Elliot juga menyoroti soal kekerasan kepada perempuan transgender kulit hitam dan latin serta tingginya tingkat bunuh diri di komunitas trans. Ia turut mengkritik pemimpin politik yang bekerja menolak akses orang trans ke perawatan kesehatan.

 
2 dari 4 halaman

Cinta Diri Sendiri

"Saya suka saya trans. Saya suka saya queer. Semakin saya menahan diri dan sepenuhnya merangkul siapa saya, semakin saya bermimpi, semakin hati saya tumbuh dan semakin saya berkembang," tulis Elliot.

Sebelum mengakhiri pengumumannya, sang aktor turut menyampaikan pesan kepada semua transgender yang menghadapi pelecehan, kebencian pada diri sendiri, dan ancaman kekerasan setiap hari.

"Saya melihat Anda, saya mencintai Anda, dan saya melakukan semua yang saya bisa untuk mengubah dunia ini menjadi lebih baik. Terima kasih sudah membaca ini," tutup Elliot.

3 dari 4 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: