Sukses

Disiplin Pakai Masker 3 Bulan ke Depan Mampu Selamatkan 130 Ribu Orang dari Covid-19

Mengenakan masker dapat mencegah penyebaran corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Masa pandemi corona Covid-19, mengenakan masker jadi hal yang sangat penting, terutama untuk mencegah penyebaran virus. Para ahli mengatakan jika 95 persen orang memakai masker, itu bisa menyelamatkan hampir 130 ribu nyawa dari sekarang hingga 1 Maret 2021.

Mereka menambahkan, pemakaian masker dapat membantu bisnis tetap buka karena kasus Covid-19 berkurang. Pemerintahan Biden yang akan datang berencana untuk bekerja dengan gubernur dan walikota untuk mendorong orang-orang di seluruh AS untuk mengenakan masker.

"Kami benar-benar berperang dengan virus ini… Tapi kami memiliki senjata rahasia - semangat Amerika dalam diri Anda masing-masing. Jadi tolong, jadilah Patriot. Batasi interaksi di luar rumah Anda dan kenakan masker," tulis ahli bedah umum AS Jerome M. Adams lewat Twitter, seperti dilansir dari laman Healthline, Sabtu (28/11/2020).

Hal itu ia sampaikan karena pandemi Covid-19 melonjak dengan angka yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hingga Rabu lalu, lebih dari 260 ribu orang di Amerika Serikat telah meninggal karena COVID-19. Lebih dari 11 juta telah dinyatakan positif mengidap virus corona baru, SARS-CoV-2, yang menyebabkan penyakit tersebut.

Selama seminggu terakhir, rata-rata lebih dari 175 ribu kasus baru per hari. Selain itu, proyeksi baru dari Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di University of Washington memperkirakan jumlah kematian Covid-19 dapat melampaui 470 ribu pada 1 Maret jika tren saat ini berlanjut.

Namun, para ilmuwan IHME mencatat bahwa jumlah kematian ini tidak bisa dihindari. Mereka bilang kita bisa menyelamatkan hampir 130 ribu nyawa jika 95 persen penduduk AS memakai masker. Meski hanya 85 persen yang memakai masker, hampir 96 ribu kematian bisa dicegah.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis Masker

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sekarang mengatakan memakai masker juga melindungi Anda, tidak hanya orang di sekitar Anda. CDC mengatakan telah mengonfirmasi tujuh penelitian yang menunjukkan bahwa memakai masker juga melindungi orang yang memakainya.

Dan laporan itu mengatakan dengan mengenakan masker, Anda juga dapat membantu melindungi ekonomi. CDC mengatakan analisis data menunjukkan bahwa hanya kenaikan 15 persen dalam pemakaian masker dapat mencegah perlunya penguncian dan membantu mengurangi kerugian ekonomi hingga 1 triliun dolar AS.

Sebuah penelitian yang dirilis minggu ini melaporkan bahwa jenis masker wajah serta berapa lama masker tersebut dipakai membuat silang pendapat. Para peneliti mengatakan beberapa tetesan virus korona lebih kecil dari 5 mikron dan hanya masker N95 yang dapat menghentikan penyebarannya.

Namun, mereka mencatat bahwa banyak tetesan berukuran antara 5--10 mikron. Para peneliti mengatakan masker wajah yang efektif yang terbuat dari kain dan bahan lain dapat mengurangi penyebaran tetesan tersebut.

Sebuah studi sebelumnya yang diterbitkan dalam jurnal Aerosol Science and Technology menunjukkan bahwa masker kain sederhana bisa sangat efektif. Begitu juga dengan masker bedah yang bisa dibeli di apotek.

3 dari 3 halaman

Pentingnya Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.