Sukses

Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2020, Motivasi Tambahan untuk Pelaku UMKM

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Barekraf) siap menggelar ajang Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2020. Acara tersebut untuk mengapresiasi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang akan berlangsung di ICE BSD, Tangerang Selatan, 6 Desember 2020.

"Saya mendorong kepada para pelaku usaha agar tetap berkarya, berinovasi, dan bertransformasi untuk menghasilkan produk, barang, dan jasa di masa pandemi. Upaya para pelaku ekonomi kreatif yang gigih berkarya dan berkontribusi nyata dalam mendorong perekonomian Indonesia ini harus mendapatkan apresiasi," kata Menparekraf Wishnutama Kusubandio dalam konferensi pers virtual dan Peluncuran Pemilihan 33 Karya Terbaik Anugerah Bangga Buatan Indonesia, Jumat (20/11/2020).

Maka itu, kata Wishnutama, pihaknya membuat acara Anugerah Bangga Buatan Indonesia untuk memberikan apresiasi kepada karya-karya anak bangsa. Acara tersebut mengangkat tema penguatan sistem ekonomi digital dan produk kebanggan Indonesia yang menginspirasi.

"Sebagai langkah awal, penghargaan ini diberikan untuk 11 kategori pelaku usaha, yaitu fesyen, kriya, kuliner, film, animasi, musik, aplikasi, gim, manufaktur, kecantikan dan kebugaran, serta event," ujar Wishnutama.

Acara tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan sangat terbatas. Apresiasi yang akan diberikan kepada para pemenang berupa trofi, piala, uang tunai, dan bantuan fasilitas yang ditentukan masing-masing program.

"Apresiasi ini sebagai motivasi tambahan bagi para pelaku usaha, untuk mengembangkan usahanya. Selain itu memberikan dampak terhadap masyarakat," kata Wishnutama Kusubandio.

2 dari 3 halaman

Makin Bangga

Wishnutama mengatakan, Indonesia memiliki talenta-talenta hebat yang mampu menciptakan karya berkualitas yang tak kalah dengan karya dan produk bangsa lain. Namun, hal itu membutuhkan dukungan dengan cara membeli karya-karya yang diproduksi oleh UMKM.

"Dengan adanya Anugerah BBI ini kita harap ke depan kita semakin bangga dengan produk dan karya banga kita sendiri," ucap Wishnutama.

Dalam kesempatan itu, Wishnutama mengungkapkan bahwa acara Anugerah BBI 2020 ini mengacu pada Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang lahir sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk melaksanakan program padat karya dalam upaya mitigasi dampak Covid-19 di sektor ekonomi dan UMKM. 

Gernas BBI merupakan sinergi dari 14 Kementerian/Lembaga di bawah kordinator Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Beberapa di antaranya Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan lain-lain. 

Di akhir penentuan pemenang, masyarakat dapat memberikan suaranya melalui https://anugerah.banggabuatanindonesia.id/ untuk menentukan juara 1, 2, dan 3. Voting bisa dilakukan mulai dari 20 November – 5 Desember 2020.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini: