Sukses

4 Kucing Peliharaan Para Presiden Amerika Serikat, Berhak Tinggal di Gedung Putih

Siapa saja Presiden Amerika Serikat yang memelihara kucing di Gedung Putih?

Liputan6.com, Jakarta - Kucing jadi salah satu hewan peliharaan populer. Tingkah lucu atau penampilan menggemaskan merupakan sederet alasan yang dikemukakan pencintanya. Nyaris semua kalangan menyukainya, baik tua maupun muda, dengan berbagai latar belakang, termasuk para Presiden Amerika Serikat.

Dengan status peliharaan orang nomor satu Negeri Paman Sam, si kucing juga berhak tinggal di Gedung Putih. Sejauh ini, tercatat ada empat kucing peliharaan Presiden AS.

Siapa saja empat kucing itu? Berikut daftarnya seperti dikutip dari laman Catster, Jumat (6/11/2020).

1. Misty Malarky Ying Yang

Namanya unik ya? Nama itu disematkan bagi kucing siam peliharaan anak tunggal Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter, Amy Lynn Carter. Nama itu bahkan menginspirasi seorang musikus, Gabor Szabo, menciptakan lagu berjudul Misty Malarkey Ying-Yang di album Faces.

Dilansir dari The Presidential Pet Museum, Misty tinggal di Gedung Putih bersama keluarga presiden hingga Amy berusia sembilan tahun. Misty merupakan satu-satunya kucing yang tinggal di sana hingga Presiden Bill Clinton pindah ke Gedung Putih bersama kucing kesayangannya, Socks.

Misty digambarkan sebagai kucing yang aktif, ceria, dan cerdas. Ia bahkan pernah menarik perhatian saat tiba-tiba turun dari tangga utama Gedung Putih saat Presiden menggelar jamuan makan malam kenegaraan pertama. Kucing tersebut juga sering duduk bersama Amy saat berlatih biola sambil mengeong. 

2. India Willie Bush

Ini dia kucing peliharaan George W. Bush. Ia diadopsi oleh George dan Laura Bush pada akhir 1991 saat putri kembarnya, Jenna dan Barbara, berusia sembilan tahun. Nama kucing berbulu hitam pekat itu diambil dari nama panggilan bintang tim baseball Texas Ranger, Ruben Sierra.

Kucing berkepribadian tertutup itu juga punya nama panggilan lain, Willie. Ia pindah ke Gedung Putih dari Rumah Dinas Gubernur Texas pada 2001.

Kucing tersebut dikenal sangat suka tinggal di perpustakaan selama berada di sana. Buku favoritnya adalah buku anak bergambar If Yoy Take a Mouse to the Movies karangan Laura Numeroff and Felicia Bond.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Socks

Socks bisa dibilang sebagai kucing populer dari Gedung Putih. Sosoknya langsung mencuri perhatian tak lama setelah Bill Clinton terpilih sebagai Presiden AS berdasarkan hasil Pemilu 1992. Saat itu, ia sedang bermain di halaman rumah dinas Bill Clinton di Arkansas setelah berhasil dirayu dengan catnip.

Kucing itu juga jadi subjek populer di acara komedi TV, Murphy Brown, saat bintang acara tak sengaja menculiknya dari Gedung Putih. Ia juga membintangi video gim yang tak pernah dirilis untuk Super Nintendo dan Sega Genesis pada 1993. Dalam gim tersebut, ia  digambarkan sebagai karakter yang harus mengatasi beragam tantangan, seperti mata-mata dan politikus korup untuk memperingatkan Clinton tentang ancaman nuklir.

Ia pun tampil dalam bentuk boneka di Larry Kung Live untuk diwawancarai oleh Kermit si Katak. Socks juga jadi subjek untuk buku kartun dan sebuah lagu. Ia bahkan tampil bersama Presiden Clinton dalam seri perangko di Republik Afrika Tengah.

4. Shan

Shan merupakan kucing siam yang dimiliki Susan Ford, putri Presiden AS Gerald Ford. Saat pemiliknya bersekolah, Shan seringkali bersembunyi di bawah tempat tidur di ruang Lincoln.

Susan menyebut kucingnya lebih suka perempuan dibanding lelaki. Namun, aturan itu tak berlaku bagi presiden karena ia kerap menggesekkan tubuhnya ke kaki Presiden dan menunggu kesempatan untuk bisa melompat ke pangkuannya. (Vriskey Herdiyani)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.