Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Menyimak Sejarah Rempah Indonesia di Ruang Virtual 3D

Top 3 Berita Hari Ini, menyimak sejarah rempah secara virtual, pariwisata ramah muslim dan visa jangka panjang di Thailand.

Liputan6.com, Jakarta -  Top 3 Berita Hari Ini tentang sejarah rempah Indonesia di ruang virtual. Melihat peran rempah yang begitu esensial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengaggas program Jalur Rempah demi mendorong pelestarian dan pemahaman sejarah rempah.

Pembelajaran sejarah jalur rempah sendiri nantinya akan diusulkan ke dalam nominasi Warisan Budaya Dunia UNESCO. Sebagai perpanjangan tangan usaha tersebut, organisasi non-profit Yayasan Negeri Rempah turut menghadirkan pameran virtual 3D bertajuk "Semesta Rempah."

Pameran virtual Jalur Rempah ini rencananya rilis pada 16 November 2020 mendatang, dan akan berjalan hingga satu tahun.  Berita kedua yang banyak menarik perhatian adalah tentang membangkitkan pariwisata ramah muslim usai pandemi.

Memasuki masa adaptasi kebiasaan baru, tak hanya pemerintah, berbagai pihak telah berupaya untuk membangkitkan kembali industri pariwisata di Indonesia, salah satunya bidang pariwisata ramah muslim. Untuk itu, Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) kembali mengusung The 2nd International Halal Tourism Summit (IHTS).

Acara ini berlangsung dalam rangkaian The 7th Indonesia Sharia ECONOMIC Festival (ISEF) 2020. Berita ketiga yang banyak diminati adalah tentang visa jangka panjang di Thailand. Negeri Gajah Putih membuka kembali perbatasan mereka dengan syarat ketat.

Dalam upaya memulai geliat sektor pariwisata, pada pertengahan September 2020, pemerintah setempat mengumumkan akan kembali mengizinkan turis asing masuk.Visa Turis Khusus (STV), yang dimulai pada Oktober, dirancang untuk memungkinkan pelancong tertentu memasuki negara tersebut.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Untuk itu, kita simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

Menyimak Sejarah Rempah Indonesia di Ruang Virtual 3D

Rempah adalah salah satu kekayaan warisan yang sampai saat ini masih jadi sumber penghasilan Indonesia. Melihat peran yang begitu esensial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI mengaggas program Jalur Rempah demi mendorong pelestarian dan pemahaman sejarah rempah.

Pembelajaran sejarah jalur rempah sendiri nantinya akan diusulkan ke dalam nominasi Warisan Budaya Dunia UNESCO jika memenuhi syarat, di mana sejarah rempah harus punya nilai universal. Sebagai perpanjangan tangan usaha tersebut, organisasi non-profit Yayasan Negeri Rempah turut menghadirkan pameran virtual 3D bertajuk "Semesta Rempah."

Selanjutnya…

Upaya Bangkitkan Pariwisata Ramah Muslim Usai Pandemi

Industri pariwisata menjadi salah satu sektor bisnis yang paling terdampak dalam pandemi Covid-19 yang melanda dunia hampir sepanjang 2020 ini. Selama delapan bulan terakhir, angka kunjungan wisatawan domestik dan asing di Indonesia menurun drastis dan menyebabkan krisis yang tak terduga.

Memasuki masa adaptasi kebiasaan baru, tak hanya pemerintah, berbagai pihak telah berupaya untuk membangkitkan kembali industri pariwisata di Indonesia, salah satunya bidang pariwisata ramah muslim. Upaya ini tentu harus didorong oleh banyak pihak, termasuk pelaku usaha, organisasi, hingga masyarakat Indonesia sendiri.

Selanjutnya…

Thailand Perkenalkan Visa Jangka Panjang, Siapa Saja yang Bisa Mendapatkannya?

Setelah melaporkan sekitar 3,5 ribu infeksi dengan 59 kematian akibat COVID-19, Thailand dinilai lolos tanpa cedera parah dari pandemi. Perlahan, Negeri Gajah Putih membuka kembali perbatasan mereka dengan syarat ketat.

Penutupannya, dengan lebih dari 20 persen PDB berasal dari pariwisata, berdampak negatif pada ekonomi Thailand. Dalam upaya memulai geliat sektor pariwisata, pada pertengahan September 2020, pemerintah setempat mengumumkan akan kembali mengizinkan turis asing masuk.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.