Sukses

6 Tips Penting Merawat Perhiasan dan Jam Tangan agar Tetap Awet

Menjaga kualitas perhiasan dan jam tangan yang dikoleksi bukanlah hal mudah, untuk itu perlu perhatian khusus dalam perawatannya.

Liputan6.com, Jakarta Perhiasan, aksesori, atau jam tangan memang identik dengan fungsinya yang menunjang penampilan. Tak heran jika banyak orang yang suka mengoleksi barang-barang tersebut untuk dikenakan bergantian.

Biasanya memang selalu ada alasan sentimental di balik setiap perhiasan atau arloji yang dibeli, ada keinginan untuk dapat mengenakan barang-barang itu selamanya. Namun, untuk menjaga dan merawat tampilannya, banyak hal yang harus dilakukan pula.

Menjaga perhiasan, jam tangan, atau aksesori kesayangan agar selalu awet adalah  tantangan bagi pemiliknya. Melansir Her World, Rabu, 28 Oktober 2020, berikut adalah beberapa tips cepat dan mudah untuk merawat aksesori berharga Anda, guna mencegah noda, goresan, dan menghindarinya dari kusam.

1. Jauhkan dari Unsur Kayu dan Pisahkan Jenisnya

Hindari meninggalkan perhiasan Anda pada permukaan yang diberi treatment kimiawi atau pada kayu. Jika tidak dihindari, maka hal ini dapat mempercepat proses penodaan pada perhiasan Anda.

Selain itu, Anda juga harus memisahkan perhiasan emas dengan perak. Emas memiliki sifat yang lebih mudah tergores, jadi simpanlah di dalam tas kain lembut atau kotak aslinya.

2. Simpan dalam Plastik Kedap Udara

Seiring waktu, perhiasan yang sering bersentuhan dengan kelembapan dan udara, pada akhirnya akan menyebabkan penodaan. Untuk mencegahnya, Anda dapat memanfaatkan plastik zip lock atau kedap udara, dan keluarkan semua udaranya sebelum ditutup.

Anda juga dapat menggunakan kapur untuk menyerap kelembapan, sehingga mencegah penodaan dan perubahan warna pada perhiasan. Jika Anda tidak menyukai kapur karena ternyata berdebu, perannya dapat digantikan juga oleh kemasan silika.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jauhkan dari Produk Kecantikan dan Paparan Matahari

Jangan kenakan perhiasan Anda lalu setelah menggunakan pelembap tubuh, parfum, atau hairspray. Hal ini untuk menjaga perhiasan Anda terpapar bahan yang lembap atau basah. Selain itu, jangan pernah memakai perhiasan perak saat sedang berenang atau berada dalam sauna.

Selain itu, Jika Anda memiliki perhiasan dengan batu permata, lebih baik hindari pemakaian di bawah sinar matahari terlalu lama. Warna batu permata akan menjadi kusam jika terkena terlalu banyak sinar UV dari matahari.

4. Bersihkan dengan Kain Mikrofiber

Partikel kecil seperti debu dan kotoran yang tidak langsung terlihat oleh mata kita dapat mengisi ruang kecil di jam tangan dan perhiasan Anda. Akibatnya, potongannya bisa menjadi kusam dan mungkin bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab iritasi kulit.

Itulah mengapa penting untuk membersihkan arloji dan perhiasan Anda secara teratur dengan menggunakan kain mikrofiber. Untuk mutiara dan batu berpori lainnya, gunakan kuas riasan kecil yang dicelupkan ke dalam sampo dan air untuk membersihkannya. Lalu, gunakan kain lembap untuk menyeka mutiara.

3 dari 3 halaman

5. Letakkan Kembali di Tempatnya

Memang sangat mudah untuk meletakkan jam tangan atau perhiasan sembarangan di atas meja setelah mengenakannya. Tapi, bayangkan risiko yang terjadi jika Anda tak sengaja menumpahkan minuman atau menjatuhkannya saat membersihkan meja. Oleh karena itu, selalu simpan jam tangan Anda di tempat semula untuk melindungi bagian dari goresan dan kerusakan.

6. Beli Larutan Pembersih

Seiring berjalannya waktu, bahkan jam tangan yang paling mewah dan kuat pun pasti akan kehilangan kilaunya. Untuk mengembalikan arloji Anda ke tampilan semula, Anda dapat menggunakan larutan pembersih khusus yang dapat digunakan pada sebagian besar arloji termasuk desain baja tahan karat, platinum, emas, titanium, dan keramik. (Brigitta Valencia Bellion)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.