Sukses

Agoda Luncurkan GoLocal Tonight dan Hygiene Plus, Apa Kelebihannya?

Agoda resmi meluncurkan GoLocal Tonight dan Hygiene Plus untuk lebih memanjakan para pelanggannya.

Liputan6.com, Jakarta - Platform perjalanan digital Agoda terus memanjakan para pelanggannya. Untuk memenuhi kebutuhan konsume, Agoda meluncurkan GoLocal Tonight, sebuah fitur untuk memastikan wisatawan yang memiliki rencana spontan.

Country Director Agoda Indonesia Gede Gunawan mengatakan sangat bahagia ikut membesarkan pariwisata Indonesia, terutama wisatawan domestik. "Pasar domestik sangat penting bagi kami dan juga tentunya sangat penting bagi Indonesia," ujar Gunawan dalam Agoda Media Briefing secara virtual, Selasa, 27 Oktober 2020.

Gunawan menyebut pandemi menciptakan distrupsi yang sangat besar terhadap industri pariwisata di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pariwisata sangat mendorong UMKM.

"Banyak hotel dan usaha-usaha kecil yang bergerak dalam bidang pariwisata. Kita sangat fokus dengan akomodasi-akomodasi seperti ini. Kita juga bisa membantu mereka yang ada di seluruh Indonesia," lanjut Gunawan.

Berdasarkan riset yang dilakukan Agoda, sebesar 76 persen wisatawan Indonesia mengatakan lebih cenderung berwisata di dalam negeri. Sementara 24 persen wisatawan sudah siap untuk bepergian ke luar negeri.

"Ini sangat menggembirakan untuk bisnis pariwisata di Indonesia. Karena wisatawan Indonesia siap bepergian, terutama staycation," imbuhnya.

Dari survei domestik itu jika dilihat dari GoLocal, kata Gunawan, pelanggan domestik itu akan memilih pantai, alam dan lingkungan. "Sementara mereka yang berada di urban area, orang-orang kota akan memilih pantai, mereka yang jatuh dari perkotaan mereka akan sangat rindu untuk staycation di hotel," ujar Gunawan.

Disebutkan, GoLocal Tonight adalah lanjutan dari Agoda GoLocal. Wisatawan Indonesia yang membuat pemesanan di hari yang sama mendapatkan diskon 30 persen dari akomodasi yang berpartisipasi. "Dari survei kami menunjukkan pemesanan last minute saat ini sangat besar. Dengan adanya Covid ini, customer ternyata sangat hati-hati dan mereka lebih cenderung membuat booking-an yang last minute," ungkap Gede Gunawan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3.000 Hotel

Selain GoLocal Tonight, Agoda juga meluncurkan Hygiene Plus. Menurut Gede Gunawan, berdasarkan survei Agoda, faktor terpenting dari wisatawan Indonesia sebelum memutuskan bepergian ke suatu destinasi atau ke hotel, terdapat tiga hal.

Pertama, perangkat kebersihan, yaitu masker, karyawan memakai sarung tangan, sanitasi, dan disinfektan. Kedua, adanya sertifikasi kebersihan dari pemerintah.

"Ini inisiatif dari Kementerian Pariwisata yaitu adanya sertifikat CHSE, yaitu Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Sustainable Environment (Lingkungan Berkelanjutan). Saat ini sudah ada 3.000 hotel yang ikut dalam Hygiene Plus," kata Gunawan.

Ketiga, pemeriksaan suhu untuk staf dan tamu. Saat datang ada pemeriksaan suhu tubuh, memakai masker, memakai sarung tangan, begitu juga dengan staf hotel.

"Sehingga semua merasa aman, baik customer sendiri pada saat dilayani. Demikian juga para staf merasa aman saat melayani customer," tandas Gunawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.