Sukses

5 Tips Perawatan Wajah untuk Cegah Penuaan Dini, Apa Saja?

Anda dapat mencegah penuaan dini dengan beragam kiat skincare berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Perawatan wajah saat ini telah berkembang dengan beragam jenis langkah. Salah satu hal yang ingin dicapai dari pemakaian produk-produk skincare adalah mencegah penuaan dini pada wajah.

Anda memang tidak dapat menghentikan penuaan kulit, namun dengan perawatan wajah yang tepat, Anda dapat dengan mudah menunda penuaan dini itu. Ada beberapa tips sederhana yang dapat Anda terapkan ketika di rumah.

Apa saja kiat perawatan wajah untuk mencegah penuaan dini? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman Times of India, Senin, 26 Oktober 2020, berikut ini.

1. Membersihkan dan melembapkan wajah

Membersihkan wajah adalah salah satu langkah perawatan kulit terpenting untuk mendapatkan kulit yang sehat. Gunakan pembersih yang lembut untuk menghilangkan kotoran.

Jika pembersih wajah Anda adalah pembersih dengan pH tinggi, Anda harus menggunakan toner untuk menyeimbangkan tingkat pH kulit. Usai membersihkan dan mengencangkan, gunakan pelembap yang baik untuk menjaga kulit tetap lembut dan kenyal.

2. Tepuk dan jangan gosok serum

Saat menggunakan produk anti penuaan kulit seperti serum, pastikan Anda tidak menggosokkan produk tersebut ke wajah. Karena mengandung bahan aktif dalam konsentrasi yang lebih tinggi, mereka perlu diserap dengan baik. Selain itu, perawatan wajah dengan menepuk membantu meningkatkan sirkulasi darah dan dapat membuat kulit awet muda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Selalu gunakan sunscreen

Sunscreen menjadi salah satu cara terbaik untuk menghindari tanda-tanda penuaan. Sinar UV dapat memecah kolagen yang dapat menyebabkan garis-garis halus, kerutan bahkan warna kulit tidak merata, baik itu musim panas atau musim dingin, mengaplikasikan sunscreen SPF yang baik dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya.

4. Hindari keriput saat tidur

Tahukah Anda bahwa wajah bisa mengalami banyak trauma saat tidur? Tidur dengan posisi kepala menghadap atas adalah salah satu posisi terbaik karena tidak menekan wajah ke bantal. Tidur tengkurap dan menyamping dapat menyebabkan keriput.

Namun, jika Anda tidak bisa mengubah posisi tidur, Anda bisa menggunakan bantal berbahan satin atau sutera. Hal tersebut dapat membantu meminimalkan iritasi dan kompresi kulit serta mengurangi kemungkinan munculnya garis-garis halus.

5. Makan dengan benar

Banyak masalah kulit bisa terjadi karena kebiasaan makan yang buruk. Untuk kulit yang sehat, seseorang harus menghindari konsumsi alkohol yang berlebihan, yang dapat membuat kulit Anda dehidrasi.

Selain itu, makanan tinggi gula dan karbohidrat putih dapat menua kulit Anda lebih cepat daripada makanan apa pun. Cobalah untuk membatasi makanan ini dan memperkaya pola makan Anda dengan lebih banyak protein, yang dapat membantu meningkatkan kolagen kulit Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.