Sukses

Sederet Kiat Mencegah Penuaan Dini dan Kerutan di Wajah

Liputan6.com, Jakarta - Penuaan dini dan kerut pada wajah menjadi momok yang menghantui banyak orang, terutama kaum hawa. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kedua hal tersebut, salah satunya adalah perawatan yang rutin.

"Kalau (kulit wajah) masih bagus, pakai krim yang mencegah yaitu pelembap, tabir surya tentu akan memperlambat timbul kerutan, menua itu pasti tapi cepat atau lambat," kata dr. Rita Maria, dokter spesialis kulit dan kelamin di peluncuran Ilsactivine Flash Lift di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 5 Desember 2019.

Kulit yang sehat, dikatakan Rita, adalah kulit sesuai kondisi dan usia. Tipe kulit sangat penting dikenali dan bisa mengetahui kebutuhan kulit wajah, mulai dari kulit berjerawat, kering, juga berminyak.

Lantas, apa yang harus dilakukan ketika kerutan sudah muncul? Penggunaan krim dapat membuat kerutan ringan hilang, namun jika sudah kerut sedang atau berat tidak bisa pakai krim saja. Kalaupun tetap memakai krim, harus dalam jangka waktu yang lama dan harus dilakukan perawatan tambahan.

"Treatment harus ke dokter untuk tambahannya bisa dilakukan tindakan laser, skin needling, radio frekuensi," lanjutnya.

Pemakaian night cream pun dapat diaplikasikan. Namun, yang perlu diperhatikan konsentrasi dari ringan hingga konsentrasi yang bisa diatur. Konsentrasi ringan ada yang beredar bebas di pasaran, namun Rita menyebut, ini memang tidak sebaik yang diberikan dokter.

"Jadi ada kandungan krim antiaging merejuvinasi kolagen itu hanya boleh dikeluarkan dengan resep dokter karena harus dipantau. Yang masih muda-muda, boleh beli krim OTC (over the counter) yang ada nomor POM dan ada kandungan antiaging ringan," jelas Rita.

Selain perawatan, ada cara lain untuk mencegah penuaan dini. "Makan yang rendah lemak seperti yang rebus-rebus, kurangi daging merah, banyak makan sayur dan buah. Kalau mau makan (yang berlemak) mungkin bisa diatur, baiknya sama dikombinasi olahraga," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Pentingnya Tabir Surya

Pemakaian tabir surya jadi salah satu langkah penting dalam mencegah penuaan dini dan kerut kulit wajah. Pengaplikasian ulang tabir surya juga sangat dianjurkan Rita.

"Sunblock wajib dipakai rutin diulang 2--3 jam, rajin membersihkan wajah itu tips yang dasar. Mulai sedini mungkin jangan tunggu ada masalah baru menanganinya," kata Rita.

Sementara, ada baiknya untuk menghindari paparan sinar matahari antara pukul 10.00 hingga 15.00. Tabir surya yang dipakai pun memang perlu minimal SPF 30 dan perlu diketahui juga soal PA.

"Ada yang disebut PA +++ adalah perlindungan terhadap UV A, SPF perlindungan akan UV B. Sunblock yang bagus istilahnya broad-spectrum artinya ada perlindungan terhadap UV B dan UV A," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading