Sukses

Ketika Anak-Anak Lebih Kenal Awkarin dan Sule daripada Ibu Kartini

Liputan6.com, Jakarta -  Video TikTok kreasi @iben_ma yang menanyai beberapa anak tentang figur publik, seperti Ibu Kartini dan Awkarin, tengah hangat dibicarakan. Rekam gambar tersebut viral di media sosial setelah disebarkan akun Twitter @rakyatjelataTV, pada Senin, 19 Oktober 2020.

Dalam video tersebut, terlihat pemilik akun @iben_ma, yaitu Benjamin Master Adhisurya, sedang ngobrol dengan beberapa anak-anak di sebuah jalan di komplek perumahan.

Ben bertanya pada anak-anak tersebut untuk menguji seberapa jauh mereka mengenali tokoh asal Indonesia. "Ini siapa sih?" tanya pemuda tersebut pada salah seorang anak sambil menyodorkan gawai berisi foto seorang influencer.

"Awkarin," jawab anak berkaca mata tersebut dengan singkat dan tepat.  "Kalau ini siapa?" tanya Ben sekali lagi dengan menyodorkan foto berbeda.

"Duh, siapa ya?" jawab anak tersebut kebingungan melihat foto tokoh pahlawan pergerakan wanita RA. Kartini. Pertanyaan serupa dilontarkan Ben ke beberapa anak lain dengan memperlihatkan foto figur publik berbeda.

Sejumlah nama kekinian, seperti Atta Halilintar, komedian Sule, bahkan Youtuber Jess No Limit dikenali dengan tepat oleh anak-anak itu.

Namun, ketika Ben menunjukkan foto Bung Hatta dan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, anak-anak tersebut sama sekali tidak tahu, bahkan asal menjawab. "Duh nggak tahu saya. Itu DPR ya?" jawab seorang anak dengan polosnya melihat foto Gus Dur.

Saat ditanyakan ke anak lain, ada yang menjawab "Eeee, itu menteri ya". Sampai berita ini ditulis, video tersebut telah dilihat lebih dari 188 ribu kali, dan disukai lebih dari lima ribu kali.

2 dari 3 halaman

Tuai Ragam Komentar

Video itu pun langsung dibanjiri beragam komentar pengguna Twitter. "Bagi gue sih gak salah sama jawaban mereka karena mereka kenal dari apa yang mereka tonton. Berhubung era modern otomatis rata-rata anak lebih banyak menonton daripada membaca. Salahnya cuma kurang minat untuk membaca sejarah," komentar seorang warganet.

"Gus Dur yang mau bubarin DPR malah dikatain DPR. Yang tenang, Pak," timpal warganet lainnya. Ada juga yang menyinggung tentang wacana penghapusan mata pelajaran sejarah.

"Wajar lah anak itu lebih kenal ama Atta dll, ya karena emang di kesehariannya banyak disorot media. Dan beberapa waktu kemaren kan ada wacana kalau pelajaran sejarah bakal diilangin, jadi ya bukan salah dari seorang anak kalau emang ke depannya gatau tokoh-tokoh penting di Indonesia," tulis pemilik akun @ruulllll.

Ben juga mengunggah video tersebut di akun Instagram dan TikTok miliknya. Di TikTok, video yang diunggah pada Selasa (20/10/2020) itu sudah dlihat lebih dari 935 ribu kali dan disukai lebih dari 89 ribu kali.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: