Sukses

Roti Kukus Tak Biasa di Sudut Yogya, Rebus Airnya Pakai Arang

Liputan6.com, Jakarta -  Yogyakarta, seperti nama daerahnya, memang istimewa. Tak hanya dikenal dengan kekayaan alam dan budayanya, tapi termasuk surga kuliner yang sangat sayang jika dilewatkan. Selain beragam makanan tradisional, Anda juga bisa menemukan banyak makanan unik yang lezat dan tentunya sangat ramah di kantong.

Salah satu yang sedang banyak digemari adalah Roti Bakar dan Kukus One.  Konon, kedai ini merupakan pelopor hidangan roti kukus Jogja. Lokasinya berada di seberang Atlanta Electronics Jogja atau Jalan HOS Cokroaminoto No.162-156, Tegalrejo, Yogyakarta.

Informasi seputar kedai roti kukus sederhana ini banyak beredar di media sosial, terutama di Instagram. Seorang food blogger Yogyakarta dengan nama akun Gembulfoodie juga ikut mengunggah video, foto dan informasi seputar roti kukus tersebut. Meski sudah lama ada, baru belakangan ini roti kukus mencuat dan banyak digemari.

"Enak juga nih kalau rotinya dikukus. Jadi kemaren gembul habis aja nyobain roti bakar one, terus dimenunya liat ada roti kukusnya," tulis akun @gembulfoodie dalam unggahan pada 6 Oktober 2020. Gembul menambahkan, kalau alat kukusnya masih tradisional dengan memakai panci untuk merebus dan dimasak dengan memakai arang.

"Terus ya disini juga ada yang porsi personal. Jadi buat yang makan roti bakarnya sendirian dan takut gak habis, bisa nih beli yang porsi personal," sambungnya. 

Unggahan tersebut sudah disukai lebih dari 3.600 kali dan mendapat banyak komentar warganet yang penasaran ingin mencobanya. Ada juga yang sudah pernah mencobanya dan mengakui roti kukus di kedai itu memang beda dan enak rasanya.

"Emang enak sih ini, soalnga ngukusnya pake areng, jd lebih lembut&mantep, paling suka yg rasa sarikaya&keju. udah nyobain roti kukus laen yg pake kompor biasa rasanya malah kering," tulis akun @danishabby_homedecor.

2 dari 3 halaman

Banyak Rasa dan Variasi Harga

Menurut Gembul, kedai roti kukus sudah ada beberapa di Yogya, tapi ia merasa lebih sreg dengan Roti Kukus One yang sudah ada sejak 2003 ini.  Selain roti bakar dan kukus, ada pula roti 'personal' yang berbentuk bulat seperti burger, hingga pisang bakar dengan aneka topping. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp11 ribu sampai Rp24 ribu.

"Secara rasa mungkin nggak jauh beda, tapi saya lebih suka aja sama Roti Kukus One. Yang paling beda miungkin cara dia mengukus masih tradisional," terang Gembul lewat pesan elektronik pada Liputan6.com, Rabu, 7 Oktober 2020.

"Kalau untuk rasa, saya paling suka rasa cokelat sama green tea, tapi yang rasa lain juga enak, ya ini akan pendapat saya pribadi. Kalau yang dikukus, rotinya memang terasa lebih empuk tapi agak benyek karena berair saat dikukus," tambahnya.

Gembulfoodie sendiri hampir selalu membahas seputar kuliner Yogya di media sosial, kecuali saat sedang ke luar kota. Kalau Anda penasaran dengan roti kukus yang disantap Gembulfoodie, bisa menyambangi kedai Roti Bakar dan Kukus One tiap hari mulai pukul 17.00 sampai pukul 23.00 WIB.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: