Sukses

10 Bandara dengan Landasan Pacu Berpanorama Paling Cantik di Dunia, Ada dari Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Platform pemesanan jet pribadi, PrivateFly, mengumpulkan tanggapan dari enam ribu orang lebih dalam nominasi bandar udara (bandara) dengan landasan pacu berpanorama paling cantik. 10 nama pun keluar sebagai juara dalam kategori ini, apakah ada dari Indonesia?

Melansir laman Lonely Planet, Senin (21/9/2020), Bandara Donegal di Carrickfinn, Irlandia dinobatkan sebagai bandara dengan jalur pendaratan maupun lepas landas terindah selama tiga tahun berturut-turut. Landasan pacu di barat laut Irlandia ini dipuji atas lanskap yang dramatis.

Kemudian, disusul landasan pacu Bandara Msembe di Tanzania di tempat kedua dan Bandara Skiathos di Yunani pada posisi ketiga. Sayangnya, belum ada bandara di Indonesia yang masuk dalam daftar ketegori ini.

Pemandangan spektakuler Bandara Donegal telah mendapat pujian dalam survei sebelumnya. "Pegunungan di satu sisi dan garis pantai terjal yang indah di bagian lain. Dihiasi pulau-pulau dan pantai berpasir sewarna tembaga yang berbatasan dengan landasan pacu," ungkap seorang pemilih.

Sementara yang lain mengatakan, itu adalah pemandangan terindah yang pernah mereka lihat dengan pantai di satu sisi dengan air laut jernih dan Gunung Errigal berdiri tegak di sisi lain. Survei tersebut dijelaskan melibatkan 129 bandara di seluruh dunia dengan daftar pilihan yang disusun pakar industri perjalanan.

Bandara lain yang dikenal karena pemandangan spektakulernya adalah Bandara Internasional Orlando, Amerika Serikat, serta Pulau Barra di Hebrides Luar Skotlandia yang masing-masing bertengger di posisi ke-4 dan ke-5.

2 dari 3 halaman

Peringkat ke-6 sampai 10

CEO PrivateFly, Adam Twidell, mengatakan, banyak orang terbang lebih jarang pada 2020, tapi pemandangan pendaratan ini adalah pengingat akan kekuatan perjalanan dan penerbangan. "Juga, inspirasi yang mencengangkan untuk merencanakan penerbangan tak terlupakan di masa depan," katanya.

Bandara Motu Mute di Bora Bora berada di posisi ke enam yang dipilih karena lokasi memesona di laguna biru kristal Polinesia Prancis. Diikuti Bandara Internasional Princess Juliana St Maarten, tempat pesawat mendarat di dekat Pantai Maho.

Lalu, Bandara Pulau Praslin Seychelles yang juga terkenal karena panorama sekitarnya. Sementara, Bandara Internasional Dubai dan Bandara Internasional Nadi Fiji melengkapi posisi 10 besar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: