Sukses

DKI Jakarta Kembali Terapkan PSBB, 27 Tempat Wisata Tutup Sementara

Liputan6.com, Jakarta -  DKI Jakarta kembali menjalankan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat mulai besok, Senin 14 September 2020.Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan PSBB ketat ini diberlakukan karena angka kasus Covid-19 di Ibu Kota mulai mengkhawatirkan.

Okupansi ruang isolasi sejumlah rumah sakit rujukan sudah di atas 60 persen, bahkan ada yang penuh. "Kita memasuki pembatasan yang berbeda dengan masa transisi kemarin," ucap Anies saat mengumumkan pemberlakuan PSBB DKI Jakarta melalui televisi dan akun Youtube Pemprov DKI Jakarta, Minggu (13/9/2020).

Anies mengatakan aturan PSBB berbeda dengan masa transisi karena langkah extraordinary dibutuhkan untuk menekan jumlah kasus aktif Covid-19.Selain itu, pihaknya akan menutup sementara beberapa tempat wisata yang dikelola oleh pemerintah provinsi.

"Seiring ditetapkannya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai 14 September 2020 mendatang, sekaligus sebagai upaya menjaga dan melindungi warga dari risiko penularan COVID-19, Pemprov DKI Jakarta menutup sementara beberapa tempat wisata," tulis Anies di akun Instagramnya, Minggu (13/9/2020).

Anies menambahkan, selama proses penutupan, akan dilakukan pembersihan di area tersebut.  Dari keterangan foto yang diunggah Anies dan akun Instagram resmi pemerintah provinsi DKI Jakarta pada 12 September 2020, terdapat 27 destinasi wisata yang akan ditutup mulai Senin, 14 September 2020.

Di antara 27 tempat wisata itu, di antaranya museum (Museum Sejarah Jakarta, Museum Taman Prasasti, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum MH Thamrin Museum Tekstil, Museum Wayang, Museum Bahari, dan Museum Joang 45).

2 dari 3 halaman

Semua Taman Kota Ditutup

Selain itu, gedung-gedung kesenian juga ditutup; gedung latihan kesenian di lima wilayah kota, Gedung Kesenian Miss Tjitjih, Gedung Kesenian Jakarta, dan Wayang Orang Bharata.

Kawasan Kota Tua, Kawasan Monas, Ancol, Taman Margasatwa Ragunan, Anjungan DKI di TMII, Planetarium Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Setu Babakan, Rumah Si Pitung, serta Lab Tari dan Karawitan Condet juga ditutup.

Begitu juga dengan Pulau Cipir, Pulau Kelor, dan dan Pulau Onrust. Selain itu, Tugu Pahlawan dan Taman Benyamin Suaeb di Kemayoran juga ditutup.

Dalam unggahan terbarunya, akun Instagram resmi pemerintah provinsi DKI Jakarta kembali mengumumkan bahwa semua taman kota, hutan kota dan Taman Margasatwa Ragunan akan ditutup mulai Senin, 14 September 2020 sampai batas waktu yang akan diinformasikan kembali.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: