Sukses

Rekor Tanaman Hias Termahal Tercipta di Selandia Baru, Harganya Capai Rp77 Juta

Tanaman hias jenis Monstera dibeli oleh seorang warga Selandia Baru dan hanya memiliki empat daun.

Liputan6.com, Jakarta - Uang bukan masalah bagi mereka yang memiliki hobi tertentu. Contohnya seorang warga Selandia Baru, ia menciptakan rekor baru dengan membeli tanaman hias seharga 5.300 dolar AS atau sekitar Rp 77 juta.

Namun, tak disebutkan nama pembeli tanaman hias Rhaphidophora tetrasperma beraneka ragam yang sangat langka itu. Tanaman tersebut juga disebut “Monstera mini”. Tanaman asli Asia Tenggara ini hanya memiliki empat daun, dilansir dari New York Post, Selasa, 1 September 2020.

Label harga yang mahal bergantung pada kelangkaan dan keinginan spesies tersebut. Laman lelang Trade Me yang berbasis di Selandia Baru melaporkan lonjakan minat untuk tanaman Monstera.

Antara akhir Mei dan awal Juni 2020 saja, lebih dari 33 ribu penelusuran untuk varietas tersebut. Sementara, 10 ribu penelusuran secara khusus mencari Monstera yang beraneka ragam itu.

Daya tarik tanaman itu adalah punya spesies beraneka ragam, daunnya memiliki garis-garis dan percikan kuning, merah muda, ungu, dan putih.

"Sebuah tanaman akan menumbuhkan daun yang terlihat sedikit berbeda, karena daun tersebut tidak memiliki klorofil," Jesse Waldman, direktur pemasaran dan e-commerce di Pistils Nursery di Portland, Oregon, mengatakan kepada Vice.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanaman Hias Lain

Baru-baru ini, Trade Me melihat Hoya carnosa compacta yang beraneka ragam dijual seharga sekitar 4.200 dolar AS atau Rp61 juta pada Juni 2020. Sedangkan, Monstera aurea yang beraneka ragam, dengan percikan hijau muda dan muda, dijual dengan harga lebih dari 3.700 dolar AS atau Rp54 juta.

Seiring pandemi, hobi memelihara tanaman meningkat di berbagai belahan dunia, terutama di kalangan milenial yang kaya.Jenis-jenis tanaman hias pun bermunculan merespons peningkatan minat.

"Sejak pertengahan Maret, kami telah melihat lonjakan yang luar biasa dalam penjualan online, terutama untuk tanaman yang sedang mekar," Eliza Blank, pendiri penjual tanaman online The Sill, mengatakan kepada The Post pada April 2020.

Ketertarikan mendadak pada hortikultura merupakan reaksi terhadap upaya pengamanan jarak sosial. "Orang membutuhkan sesuatu untuk dipelihara," imbuhnya. Di Indonesia, sejumlah selebritas pun mengoleksi tanaman hias, seperti Angela Gilsha, yang memiliki jenis tanaman Monstera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.