Sukses

Ganjar Pranowo Pamer Calon Destinasi Wisata Terbesar se-Asia Tenggara Berlokasi di Jateng

Destinasi wisata berlokasi di Jawa Tengah ini bahkan diklaim bakal jadi lima terbesar di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal ada satu lagi alasan untuk menyambangi Jawa Tengah. Lewat kicauan di Twitter-nya, Selasa, 18 Agustus 2020, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memperlihatkan calon destinasi terbesar se-Asia Tenggara berlokasi di Ungaran, Kabupaten Semarang.

Dalam video berdurasi semenit tersebut, tampak beragam fasilitas yang nantinya ditawarkan lokasi wisata ini. "Semoga diberi kelancaran agar kamu bisa segera piknik ke sini. Ditunggu ya," tulisnya sebagai keterangan rekam gambar.

Berdiri di kawasan Hutan Wisata Penggaron, terdapat beberapa area yang disediakan antara lain Jateng Valley Walk, Botanical Park, Bike Land, Java Edu-Cultural, Eco Lake, Eco Hotel and Resort, Eco Safari, Eco Theme Park, dan Eco Water Park.

Berdasarkan narasi di video tersebut, peletakkan batu pertama telah dilakukan pada Sabtu, 15 Agustus 2020. Proyek destinasi wisata berdiri di lahan seluas 400 hektare ini dilaporkan menelan anggalan lebih dari Rp2 triliun dan dikerjakan secara multiyears.

Mengutip Antara, Rabu (19/8/2020), rencana yang segera diwujudkan tersebut merupakan jawaban atas obsesi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk punya destinasi wisata terbaik. Jateng Valley sendiri dideskripsikan sebagai tempat tujuan wisata alam bernuansa futuristik.

"Tempat ini akan masuk lima besar (destinasi wisata) dunia. Banyak wahana baru yang tidak terdapat di tempat wisata lain," kata Komisaris Utama Taman Wisata Jawa Tengah, Prijo Handoko Rahardjo.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wahana Unggulan

Handoko menjelaskan, salah satu wahana yang akan jadi unggulan Jateng Valley adalah replika Kapal Nabi Nuh. Desain Jateng Valley sendiri merupakan sentuhan kreatif salah seorang konsultan yang juga merancang Ibu Kota Baru Indonesia. Budi Faizal.

"Kami yakin, destinasi wisata ini akan membuat masyarakat Jawa Tengah bangga. Karena, selama ini kita (Jawa Tengah) tertinggal dari DKI, Jatim, dan Jabar. Kami akan buat tempat ini jadi yang terbaik," tegas Handoko.

Tidak hanya tempat hiburan, Jateng Valley juga bakal berperan sebagai wadah edukasi bagi pengunjung. "Nantinya akan ada edukasi bagaimana cara menanam padi, menggembala kerbau, dan sebagainya sehingga ada tempat belajar yang natural, khususnya bagi anak-anak," kata Handoko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.