Sukses

Sheet Mask Lebih Baik Dipakai Pagi atau Malam Hari?

Liputan6.com, Jakarta - Praktis dan mudah pemakaiannya menjadi ciri khas sheet mask. Beragam brand memproduksinya, baik lokal maupun asing, lantaran peminatnya tambah naik. Tapi, apakah Anda tahu kapan pemakaian sheet mask yang tepat?

Makeup artist Bubah Alfian menyebut tak ada patokan waktu untuk menggunakan sheet mask. Pagi dan malam bisa digunakan untuk mendapatkan manfaat berbeda.

"Biasanya orang pakai sheet mask malam sebelum tidur, tapi saya juga mau tunjukkan sheet mask juga bagus dipakai sebelum makeup," kata pria yang sudah berkarier sebagai MUA sejak 2006 lalu dalam konferensi virtual bersama Mediheal, Rabu, 29 Juli 2020.

Sheet mask yang dipakai pada malam hari membuat esens bila maksimal menyerap ke dalam kulit. Pasalnya, sel kulit beregenerasi saat seseorang tidur. Tak heran bila kulit terasa lebih lembap saat bangun tidur.

Sementara, pemakaian sheet mask pada pagi hari sangat membantu memperbaiki kondisi kulit sebelum memulas makeup. Pasalnya, makeup apapun tak akan maksimal hasilnya bila kondisi kulit kering dan kusam.

"Kalau kulitnya lembap dan sehat, enggak perlu complexion berlebihan. Foundation yang dipakai juga lebih tipis. Sheet mask juga bantu makeup nempel lebih lama. Auranya jadi lebih keluar," jelas Bubah.

2 dari 3 halaman

Kunci Sukses Make Up Pengantin

Tak heran bila Bubah memanfaatkannya dalam merias pengantin. Ia mengungkapkan, seminggu sebelum hari H, ia akan mengirimkan sepaket sheet mask yang harus diaplikasikan calon pengantin setiap malam.

Sheet mask yang dipakai disesuaikan dengan kondisi kulit klien. Bila kemerahan atau berjerawat, misalnya, Bubah akan memberikan tea tree. Sementara agar kulit wajah lebih cerah, ia akan menyodorkan sheet mask yang mengandung hyaluronic acid

Ia juga meminta calon pengantin berhenti menggunakan krim dokter dua minggu sebelum hari pernikahan. Itu lantaran cenderung membuat kulit menjadi lebih kering.

Pada hari H, ia kembali memakaikan sheet mask pada wajah calon pengantin sebelum dirias. Wajah manten wajib dibersihkan dulu dengan toner agar manfaat sheet mask lebih maksimal. 

"Hasilnya lebih maksimal, lebih nempel di kulit. Saya makeup untuk pengantin. Enggak ganti complexion sama sekali sampai tengah malam," katanya.

Sementara itu, Assistant Brand Manager Mediheal Indonesia Vania Anisya mengingatkan agar sheet mask dipakai sesuai petunjuk pemakaian. Durasinya antara 15--20 menit saja. Lebih dari itu, masker tidak akan berfungsi optimal, malah akan membuat kulit semakin kering.

"Kalau ada yang beruntusan setelah pakai sheet mask, itu bisa terjadi bila masker yang dipakai tidak sesuai dengan kondisi kulit. Jadi, sebelum dipakai, pastikan dulu kondisi kulit kita seperti apa," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: