Sukses

6 Pertimbangan Sebelum Ungkap Cinta pada Sahabat

Liputan6.com, Jakarta - Jatuh cinta memang berjuta rasanya, namun terkadang, perasaan ini terasa pelik ketika Anda menyimpan rasa kepada sahabat. Ada beragam alasan di balik kondisi ini, mulai dari tak ingin merusak persahabatan hingga takut si dia tak merasa hal yang sama.

Mengatakan cinta tampaknya cukup sederhana, tetapi tidak ketika Anda akan menyampaikan itu kepada sahabat sendiri. Beberapa hal perlu jadi pertimbangan Anda sebelum mengungkapkan perasaan yang sebenarnya.

Apa saja hal-hal yang perlu diketahui sebelum mengatakan cinta pada sahabat? Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari Yourtango, Senin, 6 Juli 2020 berikut ini.

1. Apakah persahabatan akan bertahan?

Jika fondasi persahabatan itu solid, maka tidak akan hancur dan Anda harus melanjutkan dan mengakunya. Jika dia benar-benar sahabat Anda, maka dia akan mengerti.

Kondisi akan menjadi canggung beberapa hari dan bahkan ketika Anda menemukan ketertarikan yang tidak sama, Anda masih bisa berteman. Skenario terbaik? Perasaan itu disambut oleh sahabat.

Lalu, bagaimana dengan skenario terburuk? Jika Anda tidak berpikir persahabatan akan bangkit kembali atau tidak yakin Anda dapat menangani penolakan, maka Anda mungkin harus diam sementara waktu. Jaga jarak untuk mengatasinya.

2 dari 4 halaman

2. Apa yang ingin Anda dapatkan?

Dengan mengatakan kepadanya, apakah Anda berharap dia akan melepaskan pacarnya atau itu akan membantu Anda untuk tidak pernah bertanya 'bagaimana jika'? Jika itu yang pertama dan dia meninggalkan pacar untuk Anda, apakah Anda yakin ingin bertanggung jawab karena menghancurkan hati orang lain?

Jika dia benar-benar orang yang tepat untuk Anda, mudah-mudahan dia akan menyadari tekanannya saat ini tidak menumpuk dan meninggalkannya sendirian. Jika Anda berpikir 'bagaimana jika' bisa mengarah ke selamanya, mungkin bijaksana untuk menyinggung jika dia mempertimbangkannya juga, sebelum mengungkapkan perasaan Anda.

3. Apakah Anda yakin tidak hanya cemburu?

Wajar jika merasa iri dengan teman baru dari sahabat Anda. Kabar baiknya bahwa itu akan mereda. Luangkan waktu sebentar dan evaluasi perasaan Anda.

Lihat ke mana perasaan Anda mengalir. Jika Anda menemukan itu adalah kecemburuan, maka tunda untuk bertindak berdasarkan hal itu.

4. Apakah ada daya tarik nyata?

Sinyal salah tafsir sangat umum. Seringkali kita jatuh cinta berdasarkan apa yang kita pikir sedang terjadi ketika, pada kenyataannya, kita bisa salah.

3 dari 4 halaman

5. Seberapa serius hubungan lain gebetan Anda?

Hal ini terasa kian rumit ketika ada pihak ketiga, tergantung seberapa jauh hubungan itu. Semakin serius hal itu, semakin sulit akan terjadi pada teman Anda.

Dia mungkin merasa Anda tidak adil, meskipun tidak sengaja, Anda menekannya untuk memilih. Anda tidak hanya harus melakukan yang terbaik untuk Anda, tetapi juga untuk semua orang yang terlibat.

6. Apakah Anda benar-benar berpikir sahabat Anda akan menjadi pasangan yang romantis?

Tata cara teman dan pacar tidaklah sama. Melihat kembali percakapan sebelumnya, mungkin Anda memperhatikan bahwa Anda selalu menjadi orang yang memulai. 

Hal-hal yang meledak dalam persahabatan bukanlah hal yang sama yang meledak dalam suatu hubungan. Pastikan bahwa ini adalah yang Anda inginkan, baik dan buruk, sebelum memberi tahu teman baik Anda bahwa Anda jatuh cinta dengan mereka.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: