Sukses

6 Trik Bikin Pakaian Lama Tetap Terlihat Seperti Baru

Liputan6.com, Jakarta - Karena pemakaian dan proses pencucian, pakaian Anda sangat mungkin punya tekstur, bahkan warna berbeda dari pertama kali dibeli. Padahal masih sangat suka, tapi tak sedikit pakaian yang terpaksa pensiun dini karena kejadian tersebut.

Dengan menerapkan sederet trik ini, pakaian Anda dikatakan bakal tetap terlihat baru. Bukan satu yang muluk, pemanfaatan berbagai barang yang sangat mudah ditemukan di keseharian jadi kunci di sini.

Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir dari laman Brightside.me, Jumat, 5 Juni 2020.

1. Es Batu untuk Hilangkan Lekukan di Bahan

Meletakkan beberapa potongan kecil es batu ke dalam pengering dan atur kecepatannya dalam medium selama 15 menit. Es batu ini akan mencair dan membantu menghilangkan lekukan bandel pada pakaian.

2. Alat Cukur

Ambil alat cukur Anda beserta isolasi untuk mengangkat benang atau bahan yang mulai berbulu di beberapa bagian. Langkah ini harus dilakukan dengan hati-hati supaya Anda tak merobek pakaian secara tak sengaja.

Pertama, cuci pakaian tersebut dan hilangkan benang mengumpul dengan alat cukur. Lalu, gunakan isolasi untuk memastikan tak ada benang tercukur yang tertinggal.

2 dari 4 halaman

3. Garam untuk Kembalikan Warna

Tambahkan setengah cup garam atau setara 150 gram ke mesin cuci setelah pakaian ditaruh dan sudah ditambahkan deterjen. Selain mengembalikan warna, penambahan garam juga dipercaya mencegah warna pudar bagi pakaian baru.

4. Buka Kancing Pakaian Sebelum Dicuci

Pastikan Anda membuka semua kancing pada pakaian sebelum dicuci. Tindakan ini mencegahnya tertarik dan berujung terlepas saat dicuci di mesin cuci.

3 dari 4 halaman

5. Baking Soda

Tambahkan setidaknya satu sendok makan baking soda ke dalam sepatu untuk menghilangkan bau. Pastikan bagian dalam sepatu tertutup baking soda dengan rata. Diamkan beberapa saat dan sikat halus. Setelahnya tak akan ada lagi bau mengganggu di sepatu.

6. Manfaatkan Sampo Bayi

Pakaian berbahan katun jadi salah satu yang paling mudah diakali untuk tetap terlihat baru. Menggunakan sampo bayi jadi salah satu caranya.

Pertama, taruh pakaian ke dalam wadah berisi air hangat. Lalu, tambahkan dua sendok makan sampo bayi dan rendam selama 30 menit. Kucek lembut pakaian dan keringkan.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: