Sukses

New Normal, Toko Perhiasan Terapkan Prosedur Kesehatan

Apa saja prosedur kesehatan yang dijalani toko perhiasan yang telah buka kembali?

Liputan6.com, Jakarta - Central Mega Kencana (CMK) sebagai payung perusahaan peritel perhiasan besar di Indonesia yakni Mondial, Frank & co., Miss Mondial dan The Palace Jeweler kembali membuka seluruh gerai perhiasan yang tersebar di seluruh Indonesia setelah menutupnya sejak 27 Maret lalu.

"Kami mempersiapkan diri untuk membuka kembali seluruh gerai perhiasan serentak di seluruh Indonesia dengan menyusun SOP yang baru berdasarkan anjuran pemerintah," kata Petronella Soan selaku Direktur Operasional PT. Central Mega Kencana dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

"Tindakan ini perlu kami terapkan sebagai 'New Normal' karena kesehatan dan kenyamanan pengunjung gerai adalah prioritas utama," tambahnya.

Nella mengatakan protokol kesehatan baru pada industri retail tersebut telah dimodifikasi untuk industri ritel perhiasan yang diberlakukan oleh CMK. Pihaknya tetap berharap dapat melihat penurunan angka positif corona Covid-19 sambil memulai kembali menjalankan bisnis.

Prosedur kesehatan baru yang diterapkan CMK sebagai new normal sejak dibuka kembali terdiri atas untuk empat subjek yakni pengunjung store, jewelry representatives, produk, dan General Service Officer (GSO).

Protokol kesehatan untuk pengunjung store adalah dengan tindakan pengecekan suhu saat akan masuk dan dicek oleh GSO dalam hal ini adalah security menggunakan thermo gun. Pengunjung gerai perhiasan akan diarahkan oleh GSO ke booth higienis untuk disinfeksi diri saat masuk ke dalam area.

Lalu, setiap pengunjung yang tidak membawa masker dapat mengambil di booth higienis dan wajib mengenakannya selama berada didalam area gerai perhiasan CMK. Jumlah maksimum pengunjung adalah sebanyak lima orang.

Jika sudah lima orang di dalam, maka pengunjung ke-6 harus menunggu terlebih dahulu sampai ada yang keluar untuk dapat masuk ke dalam gerai perhiasan. Termasuk di dalam peraturan ini bahwa semua gerai CMK tidak diperbolehkan mengadakan acara atau keramaian sampai batas waktu yang ditentukan.

Serta tempat duduk pengunjung baik pada meja display ataupun sofa diberikan pengaturan minimal berjarak satu meter supaya tidak saling berdekatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jewelry Representatives

Sementara protokol kesehatan untuk jewelry representatives dimulai dengan seluruh frontliners diwajibkan untuk menggunakan masker yang telah disediakan dan mengganti setiap 4 jam sekali selama berada di area gerai perhiasan CMK.

Lalu, seluruh frontliners juga diwajibkan untuk di cek suhu tubuhnya menggunakan thermo gun. Jika suhu tubuh melebihi suhu 37,5 derajat Celcius, maka disarankan untuk pulang (tidak memasuki area gerai terlebih dahulu).

Mereka diwajibkan untuk memakai hand sanitizer secara berkala, sebelum melayani pengunjung, di tengah interaksi, dan ketika selesai melayani pengunjung. Pengaturan kursi antar frontliners minimal berjarak 1 meter (tidak saling berdekatan) dan dilarang untuk berkerumun di area gerai.

Diwajibkan untuk menghindari kontak fisik dalam bentuk apapun dengan pengunjung (disarankan untuk memberikan salam namaste daripada berjabat tangan).

Mesin EDC wajib dibersihkan dengan alkohol 70 persen menggunakan kapas atau tisu bersih sebelum pengunjung memasukkan pin di mesin EDC tersebut, dan kembali lakukan disinfeksi setelahnya.

Menganjurkan pengunjung untuk membayar cashless menggunakan kartu debit atau kredit atau dengan metode transfer. Berlanjut dengan menyuguhkan minuman yang bersegel dan dengan kemasan satuan untuk setiap pengunjung, minuman saji didalam gelas tidak lagi diperbolehkan.

Kemudian menyajikan makanan dengan kemasan satuan, contoh cookies yang dibungkus satuan atau roti masih dibungkus plastik. Dilarang untuk menyajikan makanan langsung dari piring tanpa adanya bungkus kemasan itu sendiri.

 
3 dari 4 halaman

Produk dan GSO

Untuk produk sendiri, sebelum dipajang, produk wajib dibersihkan menggunakan alkohol 70 persen dan ini dilakukan setiap pembukaan gerai sebelum diletakkan pada etalase. Sebelum dan sesudah produk dicoba oleh pengunjung harus kembali disterilkan (dibersihkan menggunakan disinfektan).

Jika pengunjung telah membeli produk, frontliners wajib untuk memberikan edukasi cara pembersihan dan perawatan perhiasan yang baik dan benar.

Sedangkan untuk GSO diwajibkan melakukan disinfeksi pada semua furnitur, perabotan, display dan kaca di dalam dan luar ruangan menggunakan disinfektan dan lap microfiber. Seluruh GSO diwajibkan untuk menggunakan masker yang telah disediakan selama berada di area gerai perhiasan CMK.

Selalu siap sedia dengan thermo gun untuk mengecek suhu tubuh seluruh frontliners dan pengunjung yang akan memasuki area gerai. Jika suhu tubuh diatas 37.5 derajat Celcius diwajibkan untuk meminta dengan sopan orang tersebut untuk tidak memasuki area gerai perhiasan CMK.

Lalu menggunakan hand sanitizer secara berkala dan menyediakannya dekat agar mudah terjangkau oleh pengunjung yang hendak masuk ke area gerai perhiasan.

Mengarahkan pengunjung untuk terlebih dahulu melakukan sterilisasi di area booth higienis dan menggunakan masker yang telah disediakan di booth tersebut.

Memastikan bahwa hanya lima orang yang diperbolehkan masuk, jika pengunjung ke-6 ingin masuk, GSO wajib memberikan penjelasan dengan sopan tentang diberlakukannya physical distancing di dalam area gerai perhiasan CMK, mereka dapat menunggu di luar atau meninggalkan nomor telepon genggam yang bisa dihubungi ketika gerai sudah bisa dikunjungi.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.