Sukses

Cerita Suami Istri Terjebak di Italia Selama 2,5 Bulan Saat Akan Mengunjungi Pompeii

Liputan6.com, Jakarta - Sejak pandemi corona Covid-19 banyak wisatawan asing yang terjebak di sejumlah negara. Salah satunya pasangan Colleen dan Marvin Hewson, pensiunan dari Detroit, Michigan, Amerika Serikat.

Mereka terjebak di Italia selama 2,5 bulan. Saat itu, mereka hendak berlibur di Pompeii. Pasangan tersebut yang pertama dalam barisan saat situs arkeologi itu dibuka kembali pada Selasa, 26 Mei 2020, setelah lockdown Italia, seperti dikutip USA Today dari AP, Jumat, 29 Mei 2020.

Hari itu, kunjungan mereka yang telah lama tertunda mengakhiri petualangan yang tak terduga yang telah membuat mereka terdampar di Pompeii modern, sebuah kota wisata kecil, sejak awal Maret 2020.

"Kami menunggu dengan sabar hingga akhirnya tempat itu kemudian dibuka," kata Colleen Hewson ketika pasangan itu mendapat kesempatan untuk berjalan-jalan menjelajahi reruntuhan kota Romawi yang hancur pada 79 Masehi oleh letusan gunung berapi, diikuti oleh wartawan yang menangkap tonggak bersejarah lain.di pembukaan kembali Italia.

"Kami akhirnya berhasil masuk. Perlu waktu 2,5 bulan," tambah Marvin Hewson.

Bagi Hewson, mengunjungi Pompei sebagai puncayaak ulang tahunnya yang ke-75 dan ulang tahun pernikahan mereka yang ke-30. Marvin Hewson, seorang ahli sejarah, pernah sekali mengunjungi tempat itu dan perjalanan kali ini sebagai hadiah istrinya.

Pasangan itu tiba di Roma pada 5 Maret 2020. Pada saat mereka tiba di gerbang Pompeii beberapa hari kemudian, lokasi wisata populer itu ditutup dan Italia dikunci karena epidemi virus corona.

2 dari 3 halaman

Rencana untuk Kembali

Upaya untuk memesan penerbangan keluar gagal. Mereka akhirnya tinggal di sana karena lockdown. Empat anak mereka di Amerika Serikat merespons santai ketika mengetahui orangtua mereka jauh dari pusat penyebaran virus Italia.

"Kami membuat hubungan yang hebat dengan keluarga tuan rumah Airbnb kami," kata Colleen.

Tuan rumah menerjemahkan berita untuk dia dan suaminya, dan membantu menyibukkan mereka, menugasi mereka memetik jeruk dan lemon dari pohon dekat kondominium tempat mereka tinggal dan mengajar mereka membuat limoncello.

"Ini membantu menghabiskan waktu," kata Marvin.

Pasangan itu meninggalkan Pompeii pada Selasa, 26 Mei 2020, ke Roma, di mana mereka berencana untuk menghabiskan beberapa hari jalan-jalan sebelum akhirnya pulang ke Michigan. Karena pembatasan pergerakan Italia telah mereda, tuan rumah Airbnb mereka telah mendorong pasangan itu ke Pantai Amalfi.

Pasangan itu mengatakan mereka merasa beruntung bisa menghabiskan lockdown dalam lingkungan yang sangat indah. Dari atap kondominium mereka, pasangan itu bisa melihat Gunung Vesuvius di satu sisi, dan Pulau Capri di sisi lain.

"Kami melihat real estate. Itu akan menjadi mimpi. Kami menyimpan banyak uang karena semua toko tutup. Kami benar-benar berpikir untuk kembali," kata Marvin.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: