Sukses

Kenapa Wanita Sebaiknya Tetap Pakai Makeup Selama Kerja di Rumah?

Sebuah penelitian mengungkap bahwa memakai makeup bisa membuat para wanita merasa lebih baik di tengah pandemi.

Liputan6.com, Jakarta - Dampak pandemi corona Covid-19 membuat pemerintah Indonesia membuat beberapa kebijakan. Misalnya kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk mengatasi penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas.

Situasi ini membuat sebagian besar dari kita harus bekerja di rumah. Kebijakan kerja dari rumah yang diterapkan memang bisa membantu mengendalikan penyebaran virus.

Namun yang mungkin kurang diperhatikan adalah kondisi psikologis dari para karyawan saat harus bekerja dalam lingkungan yang sama dan terkungkung di rumah selama berminggu-minggu.

Bagi wanita, tekanan dan potensi stres bisa lebih besar, karena mereka juga harus mengurus rumah, apalagi bagi yang sudah memiliki anak. Satu solusi yang bisa diterapkan untuk sedikit meringankan masalah ini ternyata dapat ditemukan di rumah, yaitu makeup.

Sebuah penelitian di Inggris mengungkap bahwa memakai makeup bisa membuat para wanita merasa lebih baik di tengah pandemi. Sebuah brand skincare asal Inggris menemukan, merawat kulit dan berdandan akan membantu meningkatkan mood positif pada wanita yang kerja dari rumah.

Seperti dilansir Telegraph, survei dilakukan terhadap 1.800 wanita yang bekerja dari rumah. Ada 80 persen yang mengaku memakai makeup membuat mereka merasa dirinya lebih baik dan 53 persen merasa lebih positif.

Ada alasan ilmiah tentang hal tersebut. Perawatan diri serta berdandan dilakukan wanita untuk 'menormalisasi' rutinitas normal yang biasa mereka lakukan sebelum merebaknya wabah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menjaga Kesehatan Mental

Bahkan sepertiga wanita yang mengikuti survei percaya makeup berperan besar menjaga kesehatan mental mereka. Hal itu sangat penting, walaupun mungkin tidak banyak atau bahkan tidak ada orang yang melihat wajah mereka.

Hasil survei yang dilakukan dengan metode jajak pendapat ini juga menunjukkan 46 persen wanita mengaku pakai makeup setiap hari meski hanya berada di rumah. Terutama bagi mereka yang harus ikut meeting online bersama para rekan kerja dan kolega.

Sebanyak 45 persen wanita mengaku meeting online lewat platform video conference seperti Zoom dan Google Meet menjadi alasan utama kenapa mereka tetap pakai makeup di rumah.

Rata-rata wanita lebih menyukai tampilan makeup natural. Mereka hanya memakai concealer untuk menyamarkan noda-noda pada wajah. Lalu juga maskara agar mata lebih 'terbuka' dan ekspresif, serta lipstik tipis agar terkesan lebih segar.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.