Sukses

Sop Kaki Sapi Buatan Rumah, Obat Rindu Happy Salma pada Almarhum Mama

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cara untuk memutar kembali memori lama pada masa kini. Happy Salma memilih melampiaskannya dengan pulang ke kampung halamannya di Sukabumi demi sop kaki kambing buatan rumah. Bukan semata untuk memanjakan pencernaan, ia merasa bisa mengobati sedikit kerinduannya pada sang mama yang telah meninggal dunia.

Dalam Masakan Rumah yang ditayangkan Mola.TV, aktris yang kini bermukim di Bali mengajak serta adik iparnya yang akrab disapa Maya ke Sukabumi. Mereka menuju Karang Tengah dengan menaiki kereta api kelas ekonomi, tempat rumah masa kecil Happy berada.

Tak langsung masak, ia justru pergi ke pasar untuk membeli kaki sapi, bahan utama masakan ibunda yang tak pernah dibuatnya. Kepada Maya, Happy mengaku kerap menemani mamanya membeli keperluan dapur tetapi tak pernah sekalipun membeli kaki sapi.

"Sedihnya, aku enggak pernah nemenin ibu aku sekalipun seumur hidup untuk beli ini," katanya seraya menunjuk ke kaki sapi.

Setelah bahan utama tersedia, adegan pun berpindah ke dapur rumah. Ci Nyai, perempuan yang sering membantu ibunda Happy memasak, menjadi narasumber utama yang membeberkan resep pembuatan sop kaki sapi kenangan. Terlihat daging kaki sapi dipotong kotak-kotak, sementara bagian dampalnya disisakan.

Tomat, daun bawang, bawang bombay, seledri, semuanya diiris. Sedangkan, lada putih, garam, bawang putih diulek hingga halus. Sementara, biji pala digeprek sendiri oleh pemain teater itu.

"Dulu waktu kecil aku suka petikin...dan sering manjat sendiri (untuk ambil pala)," ucap Happy kepada Maya sambil menyorongkan biji pala untuk dicium aromanya.

Setelah bumbu siap, kaki sapi mulai dimasukkan ke dalam panci presto bersama bawang daun, seledri, dan bumbu halus lainnya. Sementara, bawang merah diiris tipis dan digoreng untuk ditaburi di sop. Butuh waktu untuk semuanya siap disantap.

2 dari 3 halaman

Penyesalan Happy Salma

Happy mengaku menyesal tak pernah membantu mamanya mempersiapkan sop kaki sapi. Setiap kali pulang, sajian itu sudah terhidang di meja sehingga ia tak perlu repot memasak.

"Ini adalah masakan yang dibuat khusus untuk nyambut semua kita yang datang dari luar kota," kata dia.

Sop kaki sapi buatan Ci Nyai akhirnya jadi. Maya diperkenankan mencicipinya. Malu-malu, ia yang tak makan sapi menyeruput kuahnya yang langsung dipuji enak.

"Bener Maya? Serius?" tanya Happy seakan tak percaya.

Ia mengatakan kerinduannya sedikit terobati setelah menyantap sop kaki sapi. Bahkan, ia menghabiskan daging yang menempel pada tulang kaki ditemani Ci Nyai, kakak perempuan, dan adik iparnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Cegah Corona, Begini Cara Sterilkan Pesawat dengan Sinar UV