Sukses

5 Ide Menikmati Libur Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Libur Lebaran menjadi momen berharga yang dinanti-nanti setiap tahunnya. Mudik atau pulang kampung, silaturahmi dengan keluarga besar, reuni sekolah hingga mengunjungi destinasi wisata bersama-sama adalah beberapa keseruan di libur lebaran. Namun, semua itu harus ditunda tak lain karena pandemi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 yang tengah terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

Untuk menekan penyebaran Covid-19, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan mudik lebaran. Masyarakat diminta untuk tetap menjalankan physical distancing dan tinggal di rumah. Mereka yang kedapatan mudik terkhusus dari daerah Zona Merah, akan diberi sanksi tegas termasuk keharusan isolasi atau karantina mandiri selama 14 hari di tempat-tempat yang telah disediakan.

Demi keselamatan bersama dan terhindar dari resiko terjangkit virus menetap di kota asal menjadi langkah paling aman dan tepat. Lalu bagaimana caranya agar kita tetap bisa menikmati libur lebaran tahun ini? Berikut 5 ide yang bisa kamu coba.

1. Beli baju baru atau seragam

Lebaran identik dengan dengan baju baru atau pakaian yang seragam. Jadi, agar nuansa lebaran tetap terasa, kamu bisa melanjutkan rencana kamu untuk memiliki baju-baju baru dengan cara belanja online.

2. Sediakan kue lebaran

Hari lebaran tak lengkap tanpa adanya kue lebaran. Jadi, tetap jadi siapkan kue-kue lebaran, meskipun tidak ada tamu yang datang, toh kamu tetap bisa menikmati sendiri bersama keluarga atau berbagi kepada tetangga.

3. Halal Bihalal Online

Lebaran juga identik dengan silaturahmi dan halal bihalal. Di situasi saat ini kamu tetap bisa melakukannya. Bedanya sekarang secara online. Kamu bisa menggelar conference call bersama di hari lebaran, tentunya kamu juga kenakan baju barunya supaya nuansa lebaran terasa kental.

4. Bagi Angpao dan donasi

Jika biasanya kamu bagi-bagi angpao ke saudara dan tetangga saat lebaran, kali ini tidak ada salahnya mengirim melalui uang digital. Bisa banyak cara kok, isi pulsa, isi saldo uang elektronik dan uang aplikasi lainnya. Jangan lupa juga untuk berbagi ke sesama, bayar zakat, infaq, sedekah, menyantuni fakir miskin dan yatim piatu serta membantu para tenaga medis yang menjadi garda terdepan.

5. Quality Time - Staycation

Lebaran di tengah pandemi Covid-19 saat ini bisa menjadi momen tepat untuk mempererat hubungan keluarga inti di rumah. Daripada tidur dan sibuk masing-masing, akan lebih baik keluarga melakukan aktivitas bersama, mulai dari rame-rame ikutan conference call, bikin permainan lebaran yang berhadiah ampau, mengobrol dari hati ke hati dan membahas masa depan hingga sekadar nonton film bersama.   Bosan karena di rumah saja, kamu bisa coba staycation di hotel maupun apartemen yang ada di kota kamu.

Staycation bisa menjadi alternatif hiburan untuk sejenak melepas rasa bosan dan penat selama harus tinggal di rumah. Merasakan suasana kamar dan ruangan yang baru dengan pemandangan yang tentunya lebih menarik. Namun di tengah situasi saat ini, kamu harus lebih selektif dalam memilih hotel maupun apartemen tempat menginap. Di samping tetap melakukan physical distancing dan perlindungan diri.

Menginap di hotel dan apartemen bisa tetap aman selama pihak pengelola menjalankan standar operasional prosedur (SOP) pencegahan penyebaran Covid-19. Seperti rutin melakukan penyemprotan disinfektan, pengecekan suhu tubuh, menyediakan wastafel dan hand sanitizer, menjaga jarak antar tamu maupun karyawan hotel hingga penggunaan kamar antara tamu satu dengan berikutnya diberi jeda waktu. Beberapa hotel bahkan telah menawarkan paket work from hotel maupun paket stay di hotel. Jadi, jangan heran ya kalau hotel dan penginapan menawarkan promo-promo menarik.

Nah, untuk bisa mengetahui dengan mudah promo lebaran staycation atau promo hotel di kota kamu, kunjungi saja Traveloka. Selain mudah pesan dan bayarnya, di Traveloka juga mudah untuk reschedule menginap. Jadi, kamu jangan khawatir kalau ternyata nanti harus menjadwal ulang tanggal menginap atau bahkan ingin refund sekalipun.

Jika lebaran ini belum kesampaian untuk staycation, kamu bisa coba pesan untuk bulan-bulan berikutnya. Sambil sama-sama berharap agar pandemi segera berakhir dan masyarakat bisa beraktivitas normal kembali. Siapa tahu bulan depan ada mukjizat dan Covid-19 berakhir? Kita semua tentu berharap seperti itu. Selalu berpikir positif, jaga kesehatan tubuh dan pikiran serta jangan lupa berdoa agar situasi kembali membaik.