Sukses

Hasil Pancing, Ibnu Jamil Masak Sop Ikan Kuah Kuning Asam Pedas

Liputan6.com, Jakarta - Sejak pandemi corona COVID-19, sejumlah pesohor di Tanah Air mengisi aktivitasnya dengan memasak. Presenter olahraga Ibnu Jamil pun mengunggah video sedang memasak.

Dalam video berdurasi tujuh menit delapan detik itu, Ibnu Jamil memasak ikan hasil memancing. Ikan hasil pancingannya itu dibuat menu sop ikan kuah kuning asam pedas. Setelah mencuci dan memotong-motong ikan, Ibnu membawanya ke dapur dan meracik bumbunya.

"Kemiri, bawang putih, bawang merah. Pertama yang kita masukin, sedaaapppp," kata Ibnu sambil memasukkan bumbu-bumbu itu ke dalam penggorengan di depannya dalam video yang diunggah pada pertengahan April 2020.

Langkah berikutnya, Ibnu memasukkan bumbu kunyit. Lalu, ia memasukkan cabai dan lengkuas, sereh, dan daun salam dan mengaduknya hingga rata.

Ibnu kemudian memasukkan ikan yang sudah dipotong-potong ke dalam penggorengan.

"Ini ikannya hasil pancing sendiri, tangan sendiri. Gua nggak beli di pasar," ujar Ibnu Jamil senang sambil mengaduk ikan-ikan di atas penggorengan.

2 dari 3 halaman

Senang Bisa Masak

Setelah itu, Ibnu memasukkan air ke dalam penggorengan. Sambil menunggu menunggu sop ikan mendidik, ia menyediakan bumbu-bumbu yang lain. Ia tampak mengiris-iris bawang.

Ibnu kemudian memasukkan irisan tomat dan daun bawang. Ia lalu mencicipi kuahnya dengan sendok.

"Mantap. Top markotop," seru Ibnu. "Kayaknya sedep banget. Gokil-gokil. Yes, gua bisa masak," seru Ibnu lagi.

Sambil menunggu sayur kuning ikan itu matang, Ibnu menggoreng bawang dengan penggorengan berbeda. Setelah sup ikan matang, Ibnu menaburi dengan bawang goreng. Ia sengaja memilih bagian kepala dan menaruhnya di atas mangkuk.

"Wuiihhh, selamat makan," kata Ibnu sambil duduk di pinggir kolam renang bersama seorang teman.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Hasil Survei, Berat Badan Naik 6 Kilo Usai Lebaran