Sukses

Aksi Gandeng Tangan Beri Makanan untuk Tenaga Medis yang Tengah Lawan Corona COVID-19

Pembagian paket makanan ini salah satunya diharapkan untuk menghadirkan keceriaan di tengah para tenaga medis yang secara langsung menangani corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Dukungan demi dukungan terus mengalir untuk para tenaga medis yang tengah berjuang di garda depan melawan corona COVID-19. Tak semata ucapan, support juga diperlihatkan lewat aksi nyata, seperti berbagi makanan layak bagi mereka.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu, melalui penggalangan sejak Maret 2020, segenap karyawan PT Unilever Indonesia, Tbk. berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp1,8 miliar yang dikonversi jadi lebih dari 52 ribu paket makanan. Pembagiannya dilakukan secara bertahap melalui sebuah inisiatif bernama “Meals for Meals”.

Sancoyo Antarikso selaku Governance and Corporate Affairs Director PT Unilever Indonesia, Tbk. menjelaskan bahwa karyawan Unilever Indonesia mendonasikan uang makan siang mereka untuk dikonversi jadi paket makanan bagi para tenaga medis.

Seluruh paket makanan tersebut telah dipastikan memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang dan diproses dengan baik. Inisiatif ini diwujudkan atas kerja sama Unilever Foods Solutions dengan sejumlah mitra restoran, yaitu Solaria, Bakmi GM, Marugame Udon, Boga Group, Golden Lamian, Batavia Café, Yoshinoya, dan Kafe Betawi.

Inisiasi serupa juga dilakukan McDonald’s Indonesia yang telah mendonasikan hampir lima ribu paket makanan dan minuman pada para petugas penanggulangan COVID-19 di lebih dari 50 titik lokasi di Jabodetabek, serta daerah lain di Indonesia.

Bantuan ini diberikan pada beberapa rumah sakit rujukan COVID-19 di kota-kota dengan tingkat urgensi tinggi, serta petugas di area check point sebagai bentuk penghargaan, serta ucapan terima kasih atas pengorbanan, dedikasi, juga kerja keras mereka.

Bantuan ini juga diharapkan bisa menghadirkan keceriaan pada mereka yang bertugas di garda terdepan penanggulangan corona COVID-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Partisipasi Lewat Donasi

Dalam penyaluran bantuan berupa makanan, minuman, dan alat pelindung diri (APD), McDonald’s Indonesia bekerja sama dengan perusahaan REKSO Group lain, yaitu Sinar Sosro, Gunung Slamat, dan Yayasan Ronald McDonalds House Charities (RMHC).

Penyaluran donasi oleh McDonald’s Indonesia dilakukan secara bertahap sejak 23 Maret dan akan terus dilakukan hingga masa pandemi COVID-19 berakhir.

Selain menyalurkan donasi berupa makanan dan minuman, McDonald’s Indonesia juga mengajak konsumen turut mengapresiasi dan menominasikan orang-orang di sekitar mereka yang bekerja membantu penanganan COVID-19 melalui program "Feel Good Heroes".

Konsumen dapat berpartisipasi dengan menominasikan seseorang dalam kolom komentar Instagram McDonald’s dengan mention akun yang ingin dinominasikan dan menceritakan alasan ia layak diberi apresiasi. 

Setiap minggu, McDonald’s akan memilih tiga pahlawan yang datang dari latar belakang pekerjaan berbeda, seperti tenaga medis, anggota polri, tentara, jurnalis, atau siapapun yang tetap harus bekerja di tengah pandemi.

Ketiga pemenang tersebut masing-masing akan mendapatkan 30 paket makanan dan minuman yang langsung dikirimkan ke tempat mereka bekerja.

Pada 9 April 2020, telah terpilih tiga pahlawan COVID-19 berdasarkan nominasi dan cerita dari konsumen McDonald’s Indonesia. Mereka adalah Erik Aloewi yang merupakan seorang dokter, Triyogo Handoyo seorang anggota Polri, dan Pradev Kumar seorang jurnalis.

Masih soal pengadaan makanan bagi para tenaga medis, Wakuliner melalui program Wakupeduli yang bekerja sama dengan perusahaan milik Tung Desem Waringin, yakni TDW Group dan Laruno, membuka penggalangan donasi.

Wakuliner berkoordinasi langsung dengan pihak rumah sakit untuk menentukan jadwal pendistribusian makanan bergizi siap santap. RS yang jadi tujuan Wakuliner adalah RS rujukan pemerintah untuk menangani pasien COVID-19.

Mereka adalah RS Fatmawati, RS Persahabatan, Wisma Atlet Kemayoran, RSUD Pasar Rebo, RSUD Cengkareng, RS Sulianti Saroso, RSAL Mintoharjo, RS Bhayangkara Said Sukanto, dan RSUD Tarakan. Namun, donatur juga dapat menentukan rumah sakit pilihan mereka sendiri.

Bila ingin berpartisipasi, donasi dapat ditransfer ke Rek BCA 288 32 777 08 a/n PT Bigit Republik Aplikasi. Mohon sertakan kode 19 di belakang nominal, contoh 150.019. Laporan dan dokumentasi pendistribusian donasi ditampilkan di laman resmi Instagram @wakuliner.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini