Sukses

Tutorial Membuat Masker Tanpa Dijahit ala Istri Ridwan Kamil

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan masker menjadi salah satu upaya gun mencegah penyebaran corona Covid-19. Hal tersebut juga seiring dengan anjuran WHO untuk memakai masker ketika seseorang terpaksa harus keluar ke area publik.

Berbagai pihak pun kian lantang menyuarakan terkait pemakaian masker kain. Mengingat terbatasnya jumlah masker saat ini, pembuatan masker kain yang mudah jadi alternatif yang dapat diadopsi.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil baru-baru ini membagikan sebuah video singkat yang berisi tutorial yang diperagakan sang istri, Atalia Praratya tengah membuat masker yang mudah, cepat, hemat, serta tanpa dijahit.

"Kalau kepepet inilah cara membuat masker tanpa dijahit," kata Atalia dalam video yang diunggah lewat akun Instagram Ridwan Kamil, Rabu, 8 April 2020.

Adapun bahan-bahan yang diperlukan yakni saputangan, dua ikat rambut, dan tali elastis. Untuk pembuatan, langkah pertama adalah lipat saputangan menjadi empat bagian, lalu masukkan ikat rambut ke saputangan.

Kemudian lipat ujung saputangan, masukkan ujung lipatan menjadi satu dan sudah dapat digunakan. Sementara untuk perempuan berhijab, masker dapat ditambahkan tali elastis dengan mengaitkan tali elastis pada karet rambut dan masker sudah dapat digunakan.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imbauan Memakai Masker

Ridwan Kamil dikenall kerap menyertakan keterangan jenaka dalam deretan unggahannya di Instagram pribadi. Hal itu pula yang ia sampaikan dalam video singkat yang menampilkan sang istri.

"KEMARIN PAGI, Nyari-nyari saputangan kesayangan sampe garasi dan mobil. Hilang. Eh ternyata dipake tutorial oleh yayang bebeb @ataliapr dalam membuat masker dengan saputangan jika situasi kefefet," tulisnya.

Ridwan Kamil turut mengimbau warga Jawa Barat untuk menggunakan masker di tengah pandemi corona Covid-19 yang berdasarkan pada seruan terbaru dari WHO.

"Warga Jabar, sesuai anjuran WHO terbaru, karena situasi terkini, sekarang orang sehat pun harus menggunakan masker saat keluar rumah. Dan maksimalkan masker kain saja. Agar masker bedah bisa diutamakan untuk dokter, tenaga kesehatan dan mereka yang sakit," lanjutnya.

"Juga untuk para perempuan, ini akan mengurangi anggaran lipensetip. Selamat mencoba," tutup Ridwan Kamil.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Cegah Corona, Begini Cara Sterilkan Pesawat dengan Sinar UV