Sukses

3 Sajian yang Dimasak Rossa Selama di Rumah Aja, Bisa Jadi Ide Makan Siang

Liputan6.com, Jakarta - Beragam kegiatan dapat dilakukan selama di rumah aja guna mencegah penyebaran corona COVID-19. Sebut saja penyanyi Rossa yang kerap mengunggah aktivitas memasak sederet sajian.

Pelantun Tegar itu membagikan bahan-bahan dan langkah-langkah pembuatan masakannya melalui akun Instagram pribadi. Resepnya pun praktis dan bisa menjadi inspirasi makan siang Anda.

Sebut saja telur bumbu dan bihun putih dengan bahan-bahan yakni telur dan bumbunya meliputi merica, bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan  kemiri. Semua bumbu tersebut lalu di-blender.

Bahan lain adalah daun salam, lengkuas yang digeprek terlebih dahulu, garam, gula, penyedap rasa, kecap manis, kecap asin, dan santan encer. Cara pembuatannya pun sangat mudah.

"Caranya, rebus telur, sisihkan. Kalo mau gampang dan cantik telurnya, pas rebus tambahin soda kue 1 sendok teh, trus pas telornya masak, rendem di air dingin. Kasih irisan pada telur (pakai pisau) memanjang biar bumbunya meresap ke dalam," tulis Rossa dalam unggahan pada 1 April 2020.

Lalu, tumis bumbu yang telah di-blender. Masukkan daun salam dan lengkuas, santan, garam, gula, penyedap rasa, kecap manis, dan kecap asin, lalu aduk sampai matang.

"Keliatan ada minyaknya (biar kemirinya gak terasa mentah). Masukin telur rebus. Jadi deh. Aku siapin bihun putih yg udah matang. Jadi tinggal nambahin di atas masakan. Ribet dikit tp enak, beneran deh. Selamat mencoba!" tutup Rossa.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nasi Goreng Jepang ala Rossa

Menu selanjutnya adalah nasi goreng Jepang. Sajian ini dibuat Rossa karena ia telah cukup lama tak ke restoran Jepang dan memutuskan untuk membuat sendiri makanan yang praktis dan hemat ini.

"Bahan: nasi (kl bisa yg kemaren), telur, potongan ayam, bawang bombay, bawang putih, daun bawang, garam, soyu, lada putih bubuk." tulis Rossa.

Langkah pembuatan pun dimulai dengan menumis daging ayam yang sudah dipotong kecil-kecil lalu masukkan bawang bombay dan bawang putih, masukkan nasi, aduk, dan masukkan daun bawang.

"Setelah nasi panas, masukan telur yg sudah dikocok, aduk lagi. Masukan garam, soyu, lada putih bubuk, rasain dulu dan tambah bumbu sesuai selera. Jadi deh!" lanjutnya.

"Ps: ini Japanese fried rice ,gak pake b.merah dan telornya dimasukin terakhir. Dan telornya bakal menyelimuti nasinya." tambah Rossa.

3 dari 4 halaman

Ikan Asin Peda Merah ala Rossa

Berlanjut pada menu ketiga yang berbahan dasar ikan asin peda merah. Bahan ini digoreng setengah matang atau matang sesuai dengan keinginan, lalu sisihkan.

Bumbu-bumbu yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, jahe, cabai merah, cabai rawit, tomat. Semua bumbu diiris. Lalu, tumis bawang merah, bawang putih, dan jahe memakai minyak bekas goreng ikan.

"Setelah layu masukan cabe hijau, rawit, tomat, aduk. Masukan garam, penyedap rasa, gula. Tumis sampai matang dan harum. Masukan air jeruk. Cicip dulu, kalau mau tambahkan air hangat (biar berkuah)" tulisnya.

"Karena di dapur ada pete, aku tambahin pete. Masukan ikan dan masak sebentar sampai bumbu meresap ke ikan.Sajikan dengan nasi putih. Met makan siang, bye diet. Urang sunda yuuuk tuang heula," tutupnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Penampakan Bioskop Outdoor Pertama di Yunani