Sukses

Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Sistem Imun Tubuh yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Selain vitamin E dan C, vitamin B kompleks juga dikenal bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita. Apalagi, kita membutuhkan sistem imunitas untuk bertahan dari serangan virus corona COVID-19.

Vitamin B kompleks adalah vitamin B yang terdiri dari delapan jenis yaitu B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3(niacin), B5 (pantothenic acid), B6 (pyridoxine), B7 (biotin), B9 (folic acid), dan B12 (cobalamin). Setiap jenis vitamin B bermanfaat untuk mendukung kinerja tubuh kita.

Manfaat vitamin B paling dirasakan berdampak langsung pada energi, otak, dan metabolisme sel. Vitamin B juga sangat penting bagi wanita yang sedang hamil dan menyusui.

Vitamin tersebut membantu perkembangan otak janin serta mengurangi risiko cacat lahir. Di samping itu, vitamin B dapat meningkatkan energi ibu hamil, mengurangi mual, dan menurunkan risiko preeklampsia.

Sementara bagi pria, vitamin B berguna meningkatkan kadar testosteron. Manfaat lainnya adalah membantu membangun otot dan meningkatkan kekuatan.

Bagaimana detail peran masing-masing jenis vitamin B? Berikut adalah rangkuman penjelasan yang disusun tim Ngovee dari Jovee. 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fungsi Vitamin B Kompleks

1. Vitamin B1 (Thiamine) memiliki fungsi untuk meningkatkan energi. Vitamin ini mendorong sel tubuh agar memproduksi energi. Selain itu, manfaat lainnya adalah untuk kesehatan jantungdan metabolisme karbohidrat.

2. Vitamin B2 (Riboflavin) dipercaya sangat berguna mampu melindungi tubuh dari sejumlah penyakit berbahaya seperti kanker atau katarak.

3. Vitamin B3 (Niacin) bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, mengurangi depresi,dan mengatasi masalah sendi.

4. Vitamin B5 (Asam Panthothenate) berkhasiat untuk mengatasi kelelahan, meningkatkansistem saraf dan metabolisme, serta mengurangi alergi.

5. Vitamin B6 (Pyridoxine) bertugas untuk membantu produksi sel darah merah. Selain itu juga dapat meringankan gejala darah tinggi.

6. Vitamin B7 (Biotin) merupakan vitamin yang berperan dalam pelepasan energi dari karbohidrat. Vitamin ini juga berperan dalam pertumbuhan rambut dan kuku.

7. Vitamin B9 (Asam Folat) berperan penting membentuk hemoglobin, perkembangan janin, dan mengobati anemia.

8. Vitamin B12 (Cobalamin) berguna dalam membentuk sel darah merah dan sistem saraf.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Tips Aman Belanja Online di Tengah Pandemi Covid-19