Sukses

Batik Air Buka Rute Baru, Terbang Jakarta--Berau Kini Tak Perlu Transit

Meski wabah corona membayangi Indonesia, Batik Air terus membuka rute baru. Yang akan datang adalah Jakarta--Berau.

Liputan6.com, Jakarta - Meski kasus corona makin bertambah di Indonesia, Batik Air tak henti membuka rute terbang baru. Maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group itu kini membuka rute Jakarta--Berau mulai 20 Maret 2020.

Penerbangan dari Jakarta tersedia via Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, sedangkan Berau mendarat di Bandar Udara Kalimarau di Teluk Bayur. Jadwal penerbangan tersebut tersedia satu kali setiap hari. 

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa, 10 Maret 2020, Batik Air bernomor ID-6430 dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) terbang pukul 05.00 WIB dan diperkirakan mendarat di Bandar Udara Kalimarau (BEJ) pada 08.30 WITA.

Sebaliknya, keberangkatan dari Berau pada pukul 09.10 WITA dan tiba pukul 10.40 WIB pada hari yang sama.

"Rute baru tersebut menempatkan Batik Air sebagai maskapai pertama dan satu-satunya saat ini yang menghubungkan tanpa henti (non-stop) Jakarta ke Berau pergi pulang," kata Chief Executive Officer (CEO) Batik Air, Capt. Achmad Luthfie.

Perjalanan udara Soekarno Hatta ke Kalimarau berkisar dua jam 30 menit. Untuk rute ini, Batik Air akan mengoperasikan salah satu armada terbaru Airbus 320-200CEO.

Pesawat ini menawarkan berkapasitas 12 kursi kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi dilengkapi inflight entertainment di setiap kursi, jarak antar kursi yang lega, serta sajian makanan bagi penumpang.

Berau jadi kota ketiga Batik Air di Kalimantan Timur setelah Balikpapan – Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (BPN) dan Samarinda – Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto (AAP).

Selain itu, Berau jadi kota keenam di Pulau Kalimantan setelah Balikpapan, Samarinda, Palangkaraya – Bandar Udara Tjilik Riwut (PKY), Banjarmasin – Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor (BDJ), dan Tarakan – Bandar Udara Internasional Juwata (TRK).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Majukan Wisata Derawan

Batik Air menyebut pembukaan rute baru itu juga bermaksud memajukan wisata di daerah tersebut. Yang paling tersohor adalah Kepulauan Derawan.

Lima pulau utama, yakni Maratua, Semama, Sangalaki, Kakaban, dan Pulau Panjang, jadi destinasi andalan di Berau. Bagi para pehobi snorkeling dan diving, lokasi penyelaman di sana bisa jadi surga.

Bagi yang beruntung, Anda bisa menyapa lumba-lumba. Jangan lupakan beragam spesies ubur-ubur yang tak menyengat di danau Pulau Kakaban. Di Sangalaki, Anda bahkan bisa melihat gerombolan ikan-ikan cantik yang terlihat dari atas permukaan laut sebening kaca.

"Batik Air menyampaikan rasa bangga memperkenalkan rute baru untuk awal 2020 dan ucapan terima kasih atas dukungan dari mitra perjalanan, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara, awak pesawat, seluruh karyawan serta mitra terakit, agar penerbangan perdana mendatang dapat berjalan dengan lancar," kata Luthfie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.