Sukses

Garap Video Wisata Bareng Putra Wishnutama, Awkarin Diapresiasi Pemda Sulsel

Makasaar -  Selebgram Awkarin mendapat apresiasi dari Pemda Sulawei Selatan (Sulsel), tepatnya dari Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi Sulawesi Selatan. Direktur Eksekutif BPPD Sulsel Irham Samad mengapresiasi Awkarin yang memilih Sulsel untuk dijelajahi sekaligus mempromosikan destinasi pariwisata melalui project travelling bernama 'Kelana Karin' di kanal Youtube.

"Saat kami hubungi, ternyata bukan hanya BPPD Sulsel yang dikontak manajemen Kelana Karin, tapi ada beberapa perusahaan dan instansi Pemda juga diberi kabar," ujar Irham di Makassar, Sulsel, seperti dilansir dari Antara, 20 Februari 2020.

Menurut Irham, platform promosi digital Sulsel telah dikembangkan melalui visitsulsel.id, yang mendapat dukungan penuh dari tim kreatif Kelana Karin yang digagas Awkarin. Awalnya, kata Irham, sulit bernegosiasi dengan manajemen Kelana Karin, namun setelah diyakinkan akhirnya setuju.

"Mereka tidak percaya akan dibantu Pemprov Sulsel. Wajar saja, ternyata mereka trauma, karena pernah ditipu dengan oknum yang mengaku perwakilan Pemda," ungkapnya.

Mantan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI) ini bersyukur dari sejumlah pihak yang mengajukan kerja sama akhirnya manajemen Kelana Karin memutuskan bekerja sama dengan BPPD Sulsel. Ia menambahkan, sesuai arahan unsur kebijakan BPPD Sulsel, pihaknya terus mencoba berkomunikasi melalui pendekatan regulasi Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 soal Kewenangan BPPD yang ditunjuk pemerintah sebagai koordinator promosi daerah.

Pihaknya juga sudah memberikan rekomendasi daerah yang telah menjadi destinasi andalan daerah dan beberapa fasilitas yang dianggap telah memenuhi syarat untuk diperkenalkan ke publik.

"Kami juga memberikan apresiasi kepada Wakil Wali Kota Palopo, Kadisbudpar Pariwisata Toraja Utara, Ketua PHRI Toraja Utara, Dispar Bulukumba dan beberapa pelaku industri pariwisata yang merespon program digital promosi ini," tutur Direktur Esekutif BPPD Sulsel ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dari Kuliner Sampai Pantai

Sementara Ketua Tim Kelana Karin, Aco Tenri, menyebut kru memilih Sulsel karena ada beragam destinasi yang belum disebarluaskan. Selain itu, Awkarin juga penasaran dengan berbagai ragam budaya dan destinasi wisata di Sulsel.

Karin Novilda alias Awkarin bersama Sabian Tama telah menjelajahi keindahan dan keunikan destinasi wisata di Sulsel sejak 17 Februari sampai dengan 22  Februari 2020. Wanita berusia 22 tahun itu bersama anak pertama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama, menggarap project travelling bernama'Kelana Karin'.

Salah satu daerah yang dimasukkan dalam kunjungan adalah Sulsel. Awkarin juga memasukkan Sabian Tama dalam beberapa frame liputan di Sulsel sebagai provinsi prioritas yang masuk dalam daftar kunjungannya.

Rombongan tim program Kelana Karin telah menikmati sajian citarasa kuliner Kota Makassar seperti Pallubasa, kuliner Kota Palopo Kapurung dan kuliner khas Papiong Ikan dari Toraja. Awkarin bersama rombongan akan menikmati keindahan alam Rammang-rammang di Kabupaten Maros dan menutup perjalanan mereka dengan pengambilan gambar di Pantai Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba.

Tim Kelana Karin juga sempat mengunjungi destinasi negeri di atas awan Lolai, kuburan batu di Toraja dan menghadiri perayaan Rambu Solo atau upacara kematian masyarakat Toraja. Selain video di Youtube, foto-foto kunjungan Awkarin bersama Sabian Tama juga diunggah di akun Instagram Awakrin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.