Sukses

Pengaruh Dahsyat Kemenangan Parasite di Oscar 2020 bagi Mi Instan Korea

Liputan6.com, Jakarta -  Parasite atau 'Gisaengchung' secara mengejutkan berhasil meraih piala 'Best Picture' atau Film Terbaik di ajang Oscar 2020.  Parasite pun menjadi film Korea pertama dan bahkan film Asia pertama yang berhasil memenangkan penghargaan utama tersebut.

Hebatnya lagi, Parasite jadi film berbahasa non-Inggris pertama yang berhasil memenangkan kategori Film Terbaik. Film Parasite sendiri menceritakan kisah kesenjangan ekonomi antara orang kaya dan miskin.

Dalam sejumlah adegan juga tergambar jelas, perbedaan keduanya hingga menyangkut masalah makanan. Salah satu makanan yang sempat muncul di film Parasite ialah Ramdon atau ramen dan udon. Ramdon ini juga memiliki nama lain yaitu Jjapaguri.

"(Ramdon) ini adalah makanan yang disukai anak-anak, sang istri kaya dikisahkan tak tahan anaknya yang makan mi murahan, maka dia menambahkan topping berupa daging sirloin," ungkap sebut sang sutradara Bong Joon-ho, dilansir dari Los Angeles Times, 11 Februari 2020.

Bagi penonton, terutama orang Asia,  mungkin masih terbayang salah satu adegan Parasite yang memperlihatkan pemerannya makan mi instan yang lezat.

Mi instan tersebut ditambahkan sirloin yang empuk dan juicy. Menu bernama Jjapaguri itu ternyata memang benar ada dan jadi hits di Korea Selatan.

Dari banyaknya adegan berkesan di film Parasite, adegan memasak tersebut mampu menarik perhatian para foodies.

Adegan ini memperlihatkan Yeon-kyo atau istri Mr. Park sedang menikmati mi instan buatan pembantunya, istri Kim Ki Taek terlihat asyik menyantap mi instan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Representasi Kaya dan Miskin

Menu mi tersebut ternyata sudah dikenal luas di Korea Selatan sejak enam tahun lalu. Dilansir Korea Bapsang, 2 Februari 2020, Jjapaguri memadukan mi Jjappagetti dan Nuguri. Keduanya adalah produk mi instan populer di Korea Selatan.

Jjapaguri juga menjadi representasi bertemunya orang kaya dan orang miskin. Perpaduan mi dan daging itu adalah metafora dari hubungan simbiosis antara parasit dan inangnya.

Karena jjapaguri terdengar sulit diterjemahkan dalam bahasa Inggris, sang sutradara akhirnya menyebutnya dengan ramdon yang merupakan singkatan dari ramen dan udon.

Tak hanya filmnya yang sukses dan sangat berkesan, Parasite ternyata juga membuat kuliner dari Korea Selatan dikenal luas dan mendunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.