Sukses

Pernyataan Ratu Elizabeth Usai Gelar Kerajaan Pangeran Harry-Meghan Markle Dicopot

Ratu Elizabeth menyebut telah menemukan cara untuk mendukung Harry dan Meghan Markle setelah gelar kerajaan mereka sudah resmi dicabut.

Liputan6.com, Jakarta - Melalui pernyataan yang dirilis oleh Ratu Elizabeth II, Pangeran Harry dan Meghan Markle resmi melepaskan gelar HRH (His/Her Royal Highness) atau Yang Mulia dan mengundurkan diri dari segala kegiatan kerajaan Inggris.

Setelah tak lagi menjadi anggota kerajaan, Harry dan Meghan nantinya diizinkan untuk mencari pekerjaan sendiri setelah keduanya memutuskan untuk tak menerima uang dari Soverign Grant.

Namun, dilansir dari People, 19 Januari 2020, Pangeran Charles disebut menawarkan bantuan finansial kepada keduanya tak lama setelah kesepakatan dengan Ratu Elizabeth tercapai.

Meski begitu, masih belum ada konfirmasi apa pun dari pihak kerajaan terkait kabar ini. Dalam pernyataannya, Ratu Elizabeth II menyebut telah menemukan cara untuk mendukung Harry dan Meghan ke depannya setelah gelar kerajaan mereka sudah resmi dicabut namun belum mengungkapkannya secara jelas.

Ratu juga memahami aturan kerajaan yang terlalu ketat membuat keduanya memutuskan untuk hidup mandiri.

"Saya memahami tantangan yang mereka hadapi sebagai hasil dari pengawasan yang ketat selama dua tahun terakhir. Sehingga saya mendukung keinginan mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih mandiri," tutur Ratu Elizabeth.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ucapan Terima Kasih Harry

"Apa yang akan mereka lakukan selanjutnya tentu akan bergantung pada mereka sendiri, tapi kami masih tetap menjalin kontak dengan mereka. Kami juga sudah sepakat untuk mendiskusikan apa yang bisa kami lakukan untuk mendukung mereka. Sudah menjadi harapan seluruh keluarga kami bahwa kesepakatan yang dibuat hari ini akan membuat mereka bisa membangun kehidupan yang bahagia dan tenang," lanjutnya.

Pernyatan sang satu langsung mendapat respons dari Harry. Ia mengucapkan terima kasih secara spesial kepada neneknya.

"Aku akan selalu menghormati nenekku, panglima tertinggiku, dan aku sangat berterima kasih padanya dan seluruh keluargaku," ujar Harry, dilansir dari eonline, Senin (20/1/2020).

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga kerajaan yang telah mendukung istrinya. "Terima kasih atas dukungan kepada Meghan dan saya selama beberapa bulan terakhir," ujar Harry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.