Sukses

Sederet Menu Makan Malam Natal di 7 Negara

Santapan apa yang disajikan di saat makan malam Natal dari berbagai negara?

Liputan6.com, Jakarta - Makan malam Natal jadi salah satu momen berkumpul keluarga dan rekan-rekan tercinta. Pada kesempatan ini, tak hanya menyantap hidangan yang menggugah selera, tetapi juga saling bertukar cerita.

Beberapa negara di dunia memiliki santapan yang biasanya disajikan saat makan malam Natal. Apa saja? Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir South China Morning Post, Rabu (25/12/2019) di bawah ini.

1. Swedia

Di Swedia, makan malam Natal disajikan makanan tradisional termasuk ham Natal dingin atau hangat. Pertama-tama, ham direbus dan kemudian dilapisi dengan lapisan mustard, telur dan remah roti.

Lauk, termasuk lutefisk, ikan kering yang telah direndam dalam larutan alkali dan kemudian direndam lagi dalam air untuk menghilangkan campuran kaustik.

2. Norwegia

Di Norwegia, makan malam Natal menyajikan daging babi panggang bersama kentang dan asinan kubis. Banyak tempat juga yang menawarkan smalahove atau kepala domba yang dikukus lengkap dengan telinga, mata, dan otak yang utuh.

3. Jerman

Makanan tradisional di Jerman termasuk bebek panggang, angsa, atau kelinci. Makanan pendampingnya biasanya kentang dan pangsit kubis.

Ada pula makanan penutupnya yakni stollen, roti yang dipanggang dengan manisan buah-buahan dan kacang-kacangan, lalu ditaburi bubuk gula yang mengingatkan pada lanskap yang tertutup salju.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Jepang

Natal di Jepang turut menghadirkan santapan yang cukup mengejutkan yakni ayam goreng. Pada 1974, iklan KFC mempromosikan "Kentucky for Christmas".

Sejak itu, orang Jepang telah makan KFC sebagai makanan tradisional Natal. Karena banyaknya permintaan, banyak keluarga memesan makanan berbulan-bulan sebelumnya.

5. Jamaika

Makan malam ala Jamaika menghadirkan sorrel, minuman buah dengan rasa cranberry. Minuman ini sering disajikan dengan beberapa rum. Ada pula kue buah, kari kambing, dan buntut sapi rebus sebagai komponen santapan lain.

 

3 dari 3 halaman

6. Inggris

Di Inggris, ada sajian kalkun, isian, dan saus cranberry, hidangan yang lebih banyak diasosiasikan oleh orang Amerika dengan perayaan Thanksgiving. Ada juga puding Natal yang dikenal sebagai puding plum yang disiram dengan brendi dan dibakar sebelum disajikan.

Tradisi membutuhkan sebuah koin perak dipanggang di dalam sehingga pemenang yang beruntung bisa mendapatkannya atau dapat mematahkan giginya jika tidak waspada.

7. Italia

Berbagai daerah di Italia memiliki banyak makanan Natal yang berbeda, tetapi beberapa hidangan paling populer termasuk panettone, kue empuk dengan buah manisan, kismis, dan terkadang cokelat yang dipanggang di dalamnya.

Beberapa daerah merayakan Malam Natal dengan Pesta Tujuh Ikan, yang merupakan hidangan kompleks yang menggabungkan tujuh jenis ikan yang disiapkan dengan tujuh cara berbeda. Makanan liburan ini hadir dengan variasi bahan yang sangat banyak yang menunjukkan bahwa memang ada tradisi yang berbeda bagi semua orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.