Sukses

Transfer Teknologi demi Dukung Gerakan Indonesia Menuju Digitalisasi 4.0

Kemajuan teknologi informasi dalam dunia kesehatan bisa membantu meningkatkan standar mutu dan pelayanan penyedia jasa kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi yang begitu pesat memang tak bisa kita hindari. Kita bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk beragam hal yang berguna bagi orang banyak.

Tren perkembangan pesat teknologi saat ini telah membawa dunia ke babak baru revolusi industri, sehingga muncul era revolusi industri 4.0.  Hal ini mempengaruhi tatanan global seluruh industri di dunia, termasuk juga di Indonesia, negara kepulauan dengan garis pantai terpanjang dengan populasi penduduk terpadat keempat di dunia.

Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) bahkan memberikan perhatian khusus dengan meluncurkan roadmap Revolusi Industri 4.0 yang diberi nama Making Indonesia 4.0 sebagai arahan bagi pergerakan industri nasional di masa depan.

Perkembangan teknologi memang tak bisa dielakkan dan harus mendapat perhatian, terutama di bidang industri penting yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat seperti industri kesehatan. Kemajuan teknologi informasi dalam dunia kesehatan tentu bisa membantu meningkatkan standar mutu dan pelayanan penyedia jasa kesehatan, serta mempermudah masyarakat mengakses informasi kesehatan.

Sehubungan dengan itu, Tarsus Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang media, pameran dan konferensi berbasis business-to-business (B2B) melihat peluang untuk memberikan dukungan terhadap visi pemerintah terkait percepatan pengembangan industri 4.0 terutama di bidang teknologi kesehatan.

Bentuk dukungan tersebut dilakukan dengan menggelar event perdana Health Tech Solutions (HTS) 2019 yang akan digelar pada 4-5 Desember 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) dengan mendapat dukungan penuh dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Menurut Steve Tamaela, selaku Project Director, Health Technology Solutions 2019, Health Technology Solutions dikemas secara profesional dalam bentuk event pameran dan konferensi yang ditujukan khusus sebagai platform untuk menyatukan para pembuat kebijakan/regulator (pemangku kepentingan), produsen, operator dan profesional/pengguna akhir.

"Dengan begitu mereka dapat saling berdiskusi, bertukar pengetahuan dan keterampilan, membangun jaringan yang komprehensif dan terintegrasi sekaligus menampilkan produk serta layanan terbaru untuk mendukung percepatan pengembangan industri kesehatan di era revolusi industri 4.0," terang Steve.

"Melalui event ini diharapkan tercipta kolaborasi antara penyedia teknologi dari luar negeri dan operator Indonesia, serta membantu pemerintah dalam meningkatkan investasi asing langsung, terutama dalam industri kesehatan dan mendukung transfer teknologi yang dapat mendukung gerakan Indonesia menuju digitalisasi 4.0," sambungnya.

Event Perdana Dikemas Profesional

HTS 2019 sebagai event teknologi kesehatan perdana di Indonesia, dikemas profesional untuk menghadirkan pameran berkelas internasional dengan atmosfir bisnis yang positif bagi seluruh pengunjung dan peserta pameran.

Acara ini akan menampilkan beragam produk dan jasa serta pengembangan teknologi dalam pasar teknologi medis dari berbagai perusahaan baik dari dalam dan luar negeri.

Meski begitu, HTS2019 tidak hanya menghadirkan pameran produk dan teknologi, namun juga memberikan beragam insight dan pengetahuan seputar perkembangan teknologi kesehatan dan penerapannya melalui Health Technology Solutions Conference.

Health Technology Solutions Conference menawarkan diskusi mendalam tentang tren perawatan kesehatan hingga wawasan pemikiran yang membahas beragam peraturan dan masalah terbaru tentang industri 4.0.

"Sesi konferensi akan membawa peserta untuk saling bertukar gagasan di panel diskusi tentang topik terkait, mengeksplorasi pemikiran dan inspirasi dari inovator terkemuka, dan menemukan teknologi percepatan dalam penyediaan layanan kesehatan," tutur Steve Tamaela.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini