Sukses

Cerita Akhir Pekan: Belajar dari 6 Festival Dunia yang Menarik Ribuan Wisatawan

Beragam festival dikemas oleh sejumlah negara untuk menarik ribuan wisatawan dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap negara memiliki cara tertentu untuk mendatangkan wisatawan mancanegara, tak terkecuali wisatawan domestik. Mereka tak hanya mengandalkan keindahan alam yang mereka miliki, tapi juga menciptakan kreasi dan inovasi agar menarik wisatawan dunia.

Selama ini boleh jadi wisatawan yang mengunjungi negara tertentu untuk menikmati keindahan alam, mencicipi kuliner, hingga menikmati kebudayaan yang ada di negara setempat yang dikemas dalam bentuk festival.

Tak hanya di Eropa, di belahan dunia lain pun tak sedikit yang memiliki festival yang ramai dikunjungi para wisatawan dari beragam belahan dunia. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com merangkum enam festival unik nan menarik berkelas dunia tersebut.

Festival Coachella

Festival Coachella merupakan festival musik dan seni tahunan. Acara itu terletak di Lembah Coachella Inland Empire di Gurun Colorado. Didirikan oleh Paul Tollett dan Rick Van Santen pada 1999. Festival Coachella perdana diadakan selama dua hari pada Oktober 1999.

Coachella adalah salah satu festival musik terbesar, paling terkenal, dan paling menguntungkan di Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Festival 2017 dihadiri oleh 250 ribu orang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Festival Tomorrowland

Tomorrowland merupakan acara tahunan festival musik elektronik di Belgia. Sejak pertama kali digelar pada 2005, Tomorrowland menjadi salah satu festival musik terbesar di dunia.

Pada 2018, dengan beberapa bintangnya seperti French Montana, Lil Pump, Dua Lipa, Armin van Buuren, David Guetta, Dimitri Vegas & Like Mike, Hardwell, hingga Martin Garrix. Pada tahun itu, 400 ribu tiket ludes terjual setelah satu jam dibuka.

Festival Keukenhof

Festival Keukenhof Belanda diadakan setiap tahun dengan lebih dari tujuh juta bunga bermekaran dan sudah menjadi tradisi unik di negeri Kincir Angin tersebut.

Keukenhof merupakan taman bunga yang terletak di Lisse, Belanda, dengan luas hingga 32 hektare. Setiap tahun tumbuh sekitar 7 juta kuntum bunga, dengan berbagai jenis seperti tulip, daffodil, dan lain-lain. Pada 2018, Festival Keukenhof berlangsung dari 22 Maret--21 Mei.

Oktoberfest

Sementara itu di Jerman, terdapat Oktoberfest adalah festival dua mingguan yang diadakan setiap tahun pada akhir September dan awal Oktober.

Bir merupakan pusat perhatian utama dalam festival ini, dan pembukaan festival ditandai oleh pembukaan tong bir. Bir istimewa Oktoberfest yang memiliki rasa dan kandungan alkohol yang lebih pekat dan keras juga disiapkan untuk acara ini.

3 dari 3 halaman

Festival Songkran

Thailand juga memiliki festival menarik yang mampu menarik perhatian wisatawan dunia. Salah satunya adalah Festival Songkran yang merupakan perayaan Tahun Baru tradisional Thailand. Festival ini sering disebut sebagai perang air dan wisatawan dapat melihat keseruan gajah dan manusia bermain air dan menari bersama.

Festival ini rutin diselenggarakan setiap 13--15 April tiap tahun. Ribuan turis tersebut datang ke Thailand tiap tahunnya, terutama ke Bangkok dan kota-kota besar lainnya hanya untuk mengikuti festival tersebut.

Festival Venesia

Festival ini berlangsung di Venesia, Italia, sebuah kota romantis yang sering menjadi destinasi wisata di dunia. Festival ini sangat populer dan bergengsi di Italia.

Ratusan orang mengenakan kostum high class dan bergaya seperti malaikat akan memadati sepanjang jalan di Venesia. Setiap peserta akan menggunakan topeng, topeng yang digunakan merupakan kebanggaan bagi warga Venesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.